Puasa Tetap Sehat dan Bugar dengan 6 Tips Ini

Puasa tentu ada banyak tantangannya. Tantangan yang dimaksud pun sangat beragam, mulai dari makanan hingga aktivitas yang bisa dilakukan. Kendati demikian, puasa hendaknya tidak dijadikan alasan untuk bisa bermalas-malasan dan makan sesukanya saat berbuka dan sahur. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tetap sehat selama berpuasa. Berikut adalah 6 di antaranya: 

Konsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang

Makanan dengan gizi seimbang sangat diperlukan oleh tubuh, terutama saat puasa. Maka dari itu, nutrisi lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak sehat, serat dan vitamin harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi saat berbuka. Jika gizinya sudah seimbang, porsinya pun harus seimbang agar tidak memicu gangguan pencernaan. Selanjutnya, biasakan juga untuk cuci tangan pakai sabun dengan langkah cuci tangan yang benar setiap sebelum makan agar kuman tidak ikut masuk ke dalam tubuh. 

Penuhi kebutuhan cairan tubuh 

Saat puasa, tubuh lebih cepat kehilangan cairan dibanding saat tidak puasa. Agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa, upayakanlah untuk minum air sebanyak minimal 8 gelas setiap harinya, mulai waktu berbuka hingga menjelang subuh. Minumlah 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air sepanjang malam, dan 2 gelas air di waktu sahur. Namun ingat, hindari langsung meminum air es saat berbuka agar lambung Anda tidak kaget.

Hindari melewatkan sahur Pernah melewatkan sahur saat puasa tahun sebelumnya? Nah, kali ini usahakanlah sebisa mungkin untuk tetap makan sahur. Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar bisa berpuasa dengan lancar. Melewatkan sahur hanya akan membuat tubuh jadi lebih cepat lapar dan lelah sehingga akan mengganggu aktivitas Anda. Biasakan juga cuci tangan pakai sabun sesuai dengan 7 langkah cuci tangan yang disarankan sebelum sahur agar tubuh terhindar dari infeksi kuman.

Rutin olahraga ringan Meski dalam kondisi puasa, olahraga secara teratur juga perlu dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap fit. Namun, tentu saja waktunya harus disesuaikan agar tidak mengganggu puasa Anda. Lakukan olahraga ringan setelah subuh. Olahraga di bulan puasa dianjurkan di waktu ini karena usai subuh, suhu udara belum begitu tinggi dan tubuh baru saja memperoleh nutrisi dari makanan sahur. 

Dapatkan waktu tidur yang cukup

Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 6-8 jam setiap harinya. Sayangnya, saat puasa waktu tidur di malam hari menjadi berkurang. Namun, hal tersebut sebenarnya masih dapat disiasati dengan manajemen waktu yang baik. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan waktu di siang hingga sore hari untuk istirahat atau tidur sejenak sebelum kembali melanjutkan aktivitas. Namun, bila Anda harus bekerja seharian saat berpuasa, tidurlah lebih awal di malam hari dan bangunlah di waktu akhir sahur. Dengan demikian, Anda tetap bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup. 

Jaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan saat puasa wajib dilakukan agar terhindar dari infeksi kuman. Salah satunya dengan cuci tangan pakai sabun sebelum berbuka, sahur dan setelah tarawih. Gunakan sabun Lifebuoy Handwash dan cucilah tangan dengan mengikuti 7 langkah cuci tangan yang dianjurkan agar tangan benar-benar terbebas dari kuman. Mandi setidaknya 2x sehari juga harus tetap dilakukan selama berpuasa. Gunakan sabun mandi Lifebuoy Body Wash agar tubuh tetap segar dan terhindar dari kuman berbahaya penyebab penyakit. Saat berpuasa, Anda dan keluarga harus tetap sehat dan bugar agar aktivitas ibadah selama sebulan dapat dilakukan secara lancar. Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Anda sekeluarga bisa tetap sehat selama sebulan penuh. Tetap sehat dan semangat menjalani puasa, ya!

Sumber:

    theecomuslim.com/2011/08/ramadan-diet-five-ways-to-really-get.htmlproductivemuslim.com/the-fasting-and-the-fit/