Perlindungan terhadap Bakteri Penyebab Infeksi Kulit

Lifebuoy Clini-Shield melindungi kulit Anda dari infeksi bakteri, mulai dari biang keringat hingga impetigo. Sebagai perlindungan pertama tubuh, kulit berisiko tinggi untuk terinfeksi. Penyebab infeksi pada kulit berasal dari berbagai jenis kuman, yaitu jamur, virus, dan bakteri. Akibatnya, skala jenis infeksi juga tidak sama. Ada jenis infeksi yang skalanya ringan dan ada pula yang berat. Berikut ini berbagai macam infeksi kulit oleh bakteri:

  • Bisul (boils). Benjolan memerah pada permukaan kulit ini merupakan infeksi kulit pada folikel rambut atau kelenjar minyak, yang disebabkan oleh bakteri S. aureus, yang masuk ke dalam kulit melalui folikel rambut.
  • Folikulitis, furunkulosis, dan Carbunculosis. Jenis infeksi pada folikel rambut ini ditandai dengan pembengkakan, dan merupakan penggabungan dari beberapa bisul. S. aureus adalah patogen penyebabnya, meskipun paparan Pseudomonas aeruginosa di kolam air panas atau kolam renang juga dapat menyebabkan folliculitis. 
  • Biang keringat (miliaria). Biang keringat disebabkan oleh penyumbatan saluran keringat. Bakteri S. epidermidis memainkan peran, walaupun bakteri ini bukan penyebab biang keringat dan hidup tanpa membahayakan kulit. Bakteri ini menghasilkan zat lengket, yang kemudian dikombinasikan dengan kelebihan keringat dan sel-sel kulit mati, sehingga dapat menyebabkan penyumbatan. 
  • Selulitis, Erisipelas. Erisipelas adalah infeksi superfisial kulit yang melibatkan pembuluh limfatik dermal. Selulitis adalah proses yang lebih dalam yang meluas ke subcutis. Grup A β-hemolitik streptokokus adalah patogen yang bertanggung jawab untuk erisipelas, dan S. aureus adalah penyebab selulitis. 
  • Kusta. Penyakit kulit ini biasa dikenal oleh masyarakat dengan istilah lepra. Kusta disebabkan oleh Mycobacterium leprae (M. leprae). 
  • Kista Pilonidal dan abses. Kista pilonidal terjadi pada bagian bawah tulang ekor dan dapat menjadi infeksi penuh dengan nanah. Setelah terinfeksi, dikenal istilah abses pilonidal. 
  • Ecthyma adalah infeksi kulit yang ditandai dengan erosi tebal kulit atau ulserasi. S. aureus atau S. pyogenes adalah patogen penyebab ecthyma. 
  • Necrotizing fasciitis adalah infeksi langka dari jaringan subkutan dan fasia yang akhirnya mengarah pada nekrosis. S. pyogenes dapat menjadi satu-satunya patogen yang bertanggung jawab untuk necrotizing fasciitis 
  • Impetigo adalah infeksi kulit bakteri yang sangat menular. S. aureus menghasilkan sejumlah produk seluler dan ekstraseluler, termasuk exotoxins dan koagulase, yang berkontribusi terhadap patogenisitas impetigo, terutama bila ditambah dengan cedera jaringan yang sudah ada.  

Dengan berbagai bakteri yang mengancam kesehatan kulit Anda, tentunya perlindungan optimal harus Anda lakukan. Jaga selalu kebersihan kulit Anda dengan Lifebuoy Clini- Shield. Kandungan Active Naturol Shield pada lifebuoy clini shield mampu memberikan perlindungan 10 kali lebih baik dari sabun antibakteri biasa. Selain itu Lifebuoy Clini-Shield juga merawat kulit Anda secara keseluruhan 10 kali lebih baik.   

Dengan perlindungan menyeluruh pada kulit Anda, maka Anda dan keluarga akan selalu terlindungi dari paparan kuman, terutama bakteri. Ingat, kulit sehat adalah kulit bersih bebas infeksi.

Sumber: