Perhatikan 5 Hal Ini Saat Menyiapkan Hidangan Berbuka dan Sahur

Menjelang bulan puasa, sebagian besar umat Muslim tentu mulai sibuk melakukan berbagai persiapan, salah satunya menyiapkan bahan makanan untuk sajian berbuka dan sahur. Apakah Anda juga melakukan persiapan yang sama? Jika ya, jangan sampai salah pilih makanan agar tidak jadi penyebab mencret saat puasa nanti, ya. Untuk membantu mengantisipasi kemungkinan gangguan pencernaan tersebut, perhatikan 5 hal ini saat menyiapkan menu berbuka dan sahur. 

Pilih Menu dengan Gizi Seimbang

Saat bulan puasa, tubuh biasanya akan terasa lemas karena kurangnya asupan nutrisi di siang hari. Hal ini bisa diatasi dengan menyajikan menu berbuka dan sahur yang padat gizi. Utamakan makanan dengan kandungan protein dan serat yang tinggi agar tubuh dan pencernaan tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Hindari Sajian Pedas dan Asam Bulan puasa adalah saatnya kita mengendalikan diri, salah satunya dalam hal makanan. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi di bulan Ramadhan malah jadi penyebab mencret atau gangguan pencernaan lainnya. Untuk mencegah hal tersebut, batasi sajian yang pedas dan asam, baik saat berbuka maupun sahur. Dengan begitu, keluarga bisa tetap sehat dan nyaman saat menjalankan ibadah puasa. 

Cuci Bahan Makanan Hingga Bersih

Gangguan pencernaan tidak hanya dipicu oleh makanan yang terlalu pedas atau asam, tetapi juga karena tingkat kebersihannya yang kurang. Untuk itu, pastikan Anda menjaga kebersihan bahan makanan saat akan memasaknya. Cucilah sayur dan bahan makanan lainnya dengan air mengalir. Jika perlu, gunakan air hangat. Selain itu, Anda juga harus memasak daging hingga matang sempurna agar kumannya mati. 

Cuci Tangan Pakai Sabun Sebelum Masak

Tangan yang kotor saat memasak bisa menjadi media kuman untuk menginfeksi tubuh. Maka dari itu, cegah dengan cuci tangan pakai sabun sebelum mulai menyentuh bahan makanan. Sabun cuci tangan yang dapat Anda gunakan di dapur adalah Lifebuoy Kitchen Fresh. Dengan wangi yang segar serta kandungan sari jeruk dan lemon, sabun cuci tangan Lifebuoy Kitchen Fresh mampu menghilangkan lemak, kotoran dan bau pada tangan Anda. Formula antibakterialnya juga ampuh mematikan 99,9% kuman berbahaya hanya dalam 10 detik. Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti langkah cuci tangan yang benar agar tangan bersih secara optimal. 

Seimbangkan Porsi Makan

Saat berbuka dan sahur, ingatkan anggota keluarga Anda untuk makan secukupnya saja. Makan berlebihan hanya akan membuat lambung terbebani. Efeknya tentu akan memicu gangguan pencernaan sehingga akan mengganggu kenyamanan ibadah mereka. Momen berbuka puasa dan sahur memang merupakan dua hal yang paling ditunggu tunggu saat puasa. Namun, sadarkah Anda bahwa di kedua waktu inilah yang paling rawan terjadi gangguan pencernaan? Lakukan 5 langkah pencegahan di atas agar keluarga tetap sehat dan ceria selama berpuasa.

Sumber:

    charismamag.com/life/health/19376-10-tips-for-healthy-fastingcdn.productivemuslim.com/wp-content/uploads/2015/06/30-Day-Ramadan-Meal-and-Fitness-Plan-1.jpg

Berbagi artikel ini