Mengenali Gejala-Gejala Bronkitis

Kata bronkitis pasti tidak asing lagi di telinga Anda. Salah satu teman atau kerabat mungkin pernah mengalami penyakit yang menjangkiti saluran pernapasan ini. Meskipun demikian, masih banyak orang yang keliru mengenali gejala-gejala penyakit ini. Memang, kebanyakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan memiliki gejala yang serupa. Namun, ada beberapa gejala yang menandakan seseorang sedang terjangkit bronkitis.

Bronkitis muncul ketika terjadi peradangan pada saluran pernapasan utama yang mengalirkan udara dari hidung ke paru-paru, atau yang dikenal dengan nama bronkus. Bronkitis terjadi karena adanya infeksi bakteri maupun virus di saluran tersebut. Infeksi bronkus biasanya muncul setelah penyakit akibat infeksi lain terjadi, seperti batuk, pilek, dan infeksi saluran pernapasan bagian atas lainnya. Berikut adalah gejala-gejala yang mengindikasikan bronkitis:

  1. Batuk. Batuk merupakan gejala bronkitis yang paling umum dan paling mudah terlihat. Batuk yang muncul biasanya batuk kering. Dalam beberapa hari, batuk ini berubah menjadi batuk berdahak yang membawa lendir dari paru-paru. Dahak yang muncul biasanya berwarna kuning kehijauan, hijau, bening, atau putih. Pada bronkitis kronis, terkadang dahak keluar disertai dengan darah.
  2. Demam ringan, biasanya hanya meningkatkan suhu tubuh hingga 38,3OC. Gejala yang satu ini merupakan salah satu gejala kunci, karena gejala inilah yang membedakan penyakit bronkitis dan pneumonia. Waspadalah jika panas tubuh lebih dari 38,5OC, karena demam dengan suhu badan yang tinggi dapat mengindikasikan pneumonia.
  3. Rasa tidak nyaman di dada, khususnya ketika batuk atau menarik napas panjang. Sensasi yang timbul dapat berupa nyeri, sesak napas, atau gatal.
  4. Hidung tersumbat dan rasa lelah terus menerus.
  5. Biasanya, gejala bronkitis akan hilang setelah Anda beristirahat dan meminum air putih sebanyak-banyaknya. Namun, jika gejala bronkitis tidak hilang setelah beberapa hari, atau kerap muncul setelah hilang beberapa saat, mungkin Anda perlu menemui dokter Anda, karena gejala tersebut merupakan gejala bronkitis kronis.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bronkitis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Meski penyakit ini mudah diatasi, namun ada baiknya Anda mencegah terjadinya penyakit ini. Salah satu cara termudah adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan akan mengurangi kemungkinan Anda terinfeksi oleh bateri dan virus berbahaya. Kebiasaan yang sederhana tersebut akan membantu Anda terbebas dari kondisi yang tidak menyenangkan akibat bronkitis.

Sumber:

  • http://www.webmd.com/lung/tc/acute-bronchitis-symptoms; 
  • http://www.nhs.uk/Conditions/Bronchitis/Pages/Symptoms.aspx; 
  • http://www.mayoclinic.com/health/bronchitis/DS00031/DSECTION=symptoms;