Mengenal Jenis-Jenis Sabun Mandi

Sabun mandi yang digunakan sehari-hari pada dasarnya bertujuan untuk menghilangkan kuman dan bakteri berbahaya, serta sel-sel kulit mati yang menempel di tubuh Anda. Akan tetapi, seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk spesifikasi produk, maka ragam jenis sabun mandi pun semakin banyak. Sabun tak hanya berfungsi membersihkan tubuh, tetapi juga memiliki fungsi lain yang lebih spesifik. Fungsi-fungsi tambahan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini karakteristik dari jenis-jenis sabun mandi.

Sabun Batangan

Sabun ini merupakan jenis sabun mandi yang paling populer. Harganya yang murah dan penyimpanannya yang mudah membuat sabun jenis ini banyak digemari masyarakat. Jenisnya pun beragam, mulai dari sabun batangan yang mengandung anti bakteri hingga sabun batangan yang juga berfungsi sebagai pembersih wajah. Akan tetapi, sabun jenis ini tidak cocok apabila digunakan sebagai sabun cuci tangan dalam jangka waktu yang lama.

Sabun Cair

Satu lagi jenis sabun yang tidak kalah populernya dengan sabun batangan. Sabun cair banyak dipilih karena penggunaannya yang lebih mudah daripada sabun batangan. Fungsi sabun cair pada dasarnya sama seperti sabun batangan, hanya berbeda dalam bentuknya saja. Terkadang, sabun cair juga memiliki scrub di dalamnya yang berfungsi untuk membantu pelepasan sel-sel kulit mati.

Sabun mandi Khusus

Sesuai dengan namanya, sabun ini dibuat khusus untuk orang-orang dengan penyakit kulit tertentu seperti eksim dan alergi. Biasanya, sabun jenis ini berbahan dasar glycerin atau gula dan memiliki warna yang transparan. Adapun sabun khusus yang terbuat dari bahan-bahan herbal untuk menyembuhkan penyakit kulit tertentu.

Sabun Anti Bakteri

Sabun jenis ini merupakan sabun yang dinilai paling efektif dalam membunuh kuman dan bakteri di kulit Anda. Sabun anti bakteri juga baik digunakan untuk kulit dengan luka ringan sehingga dapat mencegah infeksi kuman dan bakteri dari luar. Selain itu, sabun anti bakteri juga baik untuk mengurangi jerawat yang sering kali timbul di bagian kulit punggung dan lengan atas.

Apapun jenis sabun yang Anda pilih, pada dasarnya setiap jenisnya mampu menghilangkan bakteri dan kuman apabila digunakan dengan cara yang tepat. Mandi sebanyak 2 kali dalam sehari untuk melindungi tubuh Anda dari bahaya penularan penyakit, serta rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan untuk memutus penyebaran penyakit melalui kontak tangan.

Untuk menciptakan kesadaran akan hidup bersih di Indonesia, kini Lifebuoy sedang menyelenggarakan program “5 Tahun Bisa untuk NTT”. Program ini merupakan bentuk kepedulian Lifebuoy akan kesehatan anak-anak di NTT, khususnya di Des Bitobe dengan membangun sanitasi dan fasilitas kebersihan yang layak. Anda juga dapat berpartisipasi secara langsung melalui website www.5tahunbisa.lifebuoy.co.id dan klik ‘dukung’. Setiap dukungan yang Anda berikan, maka Anda telah ikut menyumbang sebesar Rp.100,- untuk program tersebut. 

Sumber:

  • http://health.howstuffworks.com/skin-care/cleansing/products/body-soap5.htm
  • http://www.soaphistory.net/soap-facts/soap-types/
  • http://www.thesoapbox.co.nz/soap-types.htm