Mengenal 4 Lomba Agustusan yang Ada di Indonesia

Merayakan hari kemerdekaan RI kurang afdol rasanya jika tanpa mengikuti beragam perlombaan. Anda tentunya juga merasakan hal yang sama, mengingat beragam perlombaan yang diselenggarakan sudah jadi tradisi sejak lama. Perlombaan agustusan apa saja yang jadi favorit Anda dan keluarga? Nah, dari sekian banyak perlombaan yang diadakan saat perayaan hari kemerdekaan, ada beberapa yang memang asli Indonesia, lho. Penasaran perlombaan apa saja yang dimaksud? Berikut adalah 4 di antaranya.

Panjat Pinang

Panjat pinang bisa dibilang sebagai salah perlombaan perayaan kemerdekaan yang hanya ada di Indonesia. Perlombaan ini biasanya terdiri dari dua kelompok atau lebih yang masing-masing pesertanya sudah ditentukan oleh panitia. Semakin banyak peserta maka lomba akan semakin seru, mengingat mereka akan saling berebut dan menarik peserta lain saat memanjat pohon. Di puncak pohon sudah menunggu beragam hadiah untuk peserta yang berhasil mencapai puncak. Namun, tidak mudah untuk mencapainya karena kondisi pohon yang licin akibat pelumas. Belum lagi tarik-menarik yang terjadi antar peserta.

Makan kerupuk

Lomba makan kerupuk juga merupakan salah satu perlombaan agustusan yang hanya ada di Indonesia. Biasanya, lomba yang satu ini diadakan di area yang luas. Panitia akan menyediakan beberapa kerupuk yang digantung dengan seutas tali. Masing masing peserta akan diikat kedua tangannya. Mereka diminta menghabiskan kerupuk yang digantung tadi dalam waktu tertentu dengan hanya menggunakan mulut. Bisa dibayangkan keseruan lomba yang satu ini, terutama saat mulut dan wajah peserta belepotan remah kerupuk. Usai lomba, segeralah untuk membersihkan area wajah dan mulut agar keduanya kembali bersih.

Tangkap bebek di laut

Pernah mengikuti lomba tangkap bebek di laut saat agustusan? Bagi Anda yang tidak tinggal di daerah pesisir pantai mungkin belum pernah mencobanya. Tapi, lomba yang satu ini juga hanya ada di Indonesia, lho. Saat mengikuti lomba ini, para peserta akan merasakan serunya berebut menangkap bebek yang disebar di laut oleh panitia. Namun, tetap waspadai infeksi kuman saat lomba, ya.

Sepak bola pakai daster

Sepak bola pakai daster juga termasuk perlombaan agustusan yang hanya ditemukan di Indonesia. Tidak kalah seru dengan tiga lomba sebelumnya, lomba yang satu ini biasanya diperuntukkan bagi bapak-bapak dan anak laki-laki. Mereka diminta untuk memakai daster selama perlombaan. Sesekali panitia juga menyelingi lomba dengan iringan sebelum melanjutkan permainan kembali. Cukup seru, bukan? 

Ikut serta dalam lomba yang diadakan saat hari raya kemerdekaan memang seru dan menyenangkan. Apalagi, jika lomba yang diikuti merupakan lomba yang hanya ada di Indonesia. Namun, jangan lupakan risiko infeksi kuman selama dan usai mengikutinya, ya. Segera bersihkan diri saat lomba berakhir. Upaya sederhana seperti mandi dan cuci tangan pakai sabun dapat mengurangi risiko infeksi penyakit akibat kuman, terutama setelah mengikuti 4 perlombaan agustusan yang disebutkan di atas. Selain itu, berikan pengawasan lebih juga pada si kecil. Ingatkan ia untuk setidaknya cuci tangan pakai sabun usai mengikuti perlombaan agar ia terhindar dari infeksi kuman penyebab penyakit. Berikan pemahaman juga akan manfaat cuci tangan, terutama sebelum makan, mengingat anak-anak akan cenderung untuk membeli jajanan yang dijual di arena perlombaan. Dengan upaya sederhana ini, diharapkan keluarga bisa tetap terlindungi dari infeksi kuman. 

Sumber: 

  • plus.kapanlagi.com/hanya-di-indonesia-lomba-agustusan-yang-bikin-super-heboh-da803a.html
  • republika.co.id/berita/gempita-merdeka/news-merdeka/14/08/12/na6vb0-tradisi-lomba-rakyat-tetap-akan-diadakan-saat-17-agustus
  • halomalang.com/serba-serbi/10-perlombaan-yang-identik-dengan-perayaan-agustusan                               

Diakses pada 8 Juli 2016

Berbagi artikel ini