Mengajarkan Kebiasaan Bersih pada Anak

Kebiasaan bersih harus ditanamkan kepada anak demi kesehatannya. Seiring dengan bertambahnya usia anak, ia tentu harus belajar mandiri dan melakukan segalanya sendiri, termasuk menjaga kebersihan diri. Menjaga kebersihan tubuh merupakan bagian penting dari kesehatan. Bakteri dan virus yang terdapat di mana-mana merupakan ancaman bagi kesehatan anak yang lebih rentan dibandingkan dengan orang dewasa. Seiring dengan perkembangannya, tubuh anak akan mengalami perubahan yang membuatnya lebih cepat kotor, seperti kelenjar minyak yang lebih aktif dan bau badan. Tidak hanya bisa mencegah berbagai macam penyakit, dengan menjaga kebersihan tubuh, anak Anda akan memiliki penampilan yang lebih rapi. Hal tersebut tentunya akan menambah rasa percaya diri mereka.

Sebagai orang tua, sudah selayaknya Anda mengajarkan kebiasaan bersih untuk anak Anda. Berikut beberapa tips kebersihan yang dapat Anda berikan kepada anak.

Tangan adalah bagian tubuh yang paling cepat melakukan kontak dengan kuman. Oleh karena itu, tanamkan pentingnya cuci tangan pakai sabun kepada anak Anda. Pastikan Anda menggunakan sabun cuci tangan yang memberikan perlindungan menyeluruh seperti Lifebuoy Total 10. Pastikan mereka mencuci tangan sebelum makan, saat mandi, setelah bermain di luar rumah, setelah menggunakan kamar mandi, setelah bermain dengan hewan, setelah bersin, dan setelah membuang sampah.

Mandi secara teratur 
Mandi terkadang merupakan musuh utama anak yang sudah beranjak besar. Namun, pastikan ia tahu betapa pentingnya menjaga tubuh agar bersih dan terbebas dari kuman. Ajarkan mereka untuk mandi dengan menggunakan sabun ke seluruh bagian tubuh termasuk wajah, rambut, ketiak, kaki, sela-sela kuku, telinga, dan area vital. Gunakan sabun yang dapat memberantas kuman seperti Lifebuoy Total 10 agar tubuh bersih menyeluruh.

Sikat gigi secara teratur 
Selain membuat gigi bersih, dengan membiasakan anak menyikat gigi, maka Anda mengajarkan mereka untuk untuk tetap sehat. Menyikat gigi dapat membuat anak terhindar dari berbagai macam penyakit dari yang ringan seperti gigi berlubang hingga yang berat seperti jantung. Pastikan anak Anda menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi dan sikat gigi yang dapat menjangkau bagian belakang gigi.

Mengenakan pakaian bersih 
Pakaian yang bersih dapat menghindarkan anak dari kuman. Selain itu, pakaian yang bersih akan menjauhkan anak dari bau badan yang tidak sedap.

Dengan melakukan kebiasaan bersih tersebut, anak Anda akan selangkah lebih dekat menuju hidup sehat. Penggunaan rangkaian produk Lifebuoy Total 10 dapat memberikan perlindungan menyeluruh pada anak Anda.

Sumber:

Diakses pada tanggal 9 Mei 2014

Berbagi artikel ini