Isi Waktu Jelang Berbuka dengan 3 Kegiatan Seru Ini

Pernahkah Anda memergoki si kecil mencicipi makanan saat tengah menunggu waktu berbuka? Hal tersebut sebenarnya wajar jika dilakukan oleh anak seusianya. Apalagi, jika tidak ada kegiatan yang dilakukannya. Nah, agar hal tersebut tak terulang lagi, coba lakukan 3 kegiatan seru berikut. Selain untuk mengisi waktu jelang berbuka, kegiatan-kegiatan di bawah ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan anak karena ia jadi lebih aktif. 

Menyiapkan Hidangan Berbuka Bersama-sama

Jika si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda bosan saat menunggu waktu berbuka, segera ajak ia untuk ikut menyiapkan hidangan berbuka di dapur. Dengan membantu Anda di dapur, tubuhnya akan lebih aktif bergerak, ia pun bisa kembali bersemangat untuk menunggu waktu berbuka. Namun, tetap awasi si kecil dengan baik agar ia tidak mencicipi makanan secara diam-diam. Jika perlu, ajak anggota keluarga lainnya untuk ikut menyiapkan hidangan berbuka sehingga suasana jadi lebih seru.

Jalan-Jalan Sambil Ngabuburit

Di negara kita, ada tradisi unik saat puasa, khususnya saat menjelang berbuka. Namanya ngabuburit. Nah, tradisi yang satu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengusir rasa jenuh si kecil sekaligus untuk menjaga kesehatan anak dengan aktif bergerak. Ajak ia mengunjungi pasar tradisional atau area khusus yang menawarkan beragam penganan untuk berbuka. Melihat beragam penganan yang ditawarkan tentunya akan memberikan motivasi tersendiri baginya selama menunggu waktu berbuka. Kendati demikian, tetap awasi si kecil agar tak asal memilih makanan yang dijajakan agar perutnya tetap sehat.

Membagikan Takjil Gratis

Puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan haus. Alangkah baiknya jika di bulan suci ini Anda pun bisa berbagi dengan orang lain. Salah satu caranya adalah dengan membagikan takjil gratis kepada pengguna jalan atau orang-orang yang tidak mampu di sekitar tempat tinggal Anda. Ajak si kecil turut serta dalam kegiatan ini agar ia juga terlatih untuk berbagi dengan sesama. Selain itu, dengan membagikan takjil gratis, tubuh si kecil bisa lebih aktif sehingga rasa bosannya menunggu waktu berbuka pun sirna. Jangan lupa, cuci tangan pakai sabun terlebih dulu sebelum membagikan takjil agar makanan terbebas dari kuman, ya. Jika tidak ada air dan sabun, Anda dan si kecil tetap bisa cuci tangan dengan menggunakan Lifebuoy Hand Sanitizer. Jadi, jangan lupa bawa hand sanitizer sebelum berangkat membagikan takjil bersama si kecil, ya. 

Menunggu waktu berbuka memang akan terasa membosankan jika tidak diselingi dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Terutama, jika anak-anak yang melakukannya. Nah, 3 alternatif kegiatan di atas bisa dilakukan guna mengurangi rasa jenuh si kecil menanti waktu berbuka. Namun, ingatkan ia juga untuk segera mandi dengan sabun mandi cair dan cuci tangan pakai sabun anti bakteri setelah melakukan kegiatan tersebut agar tubuhnya kembali segar dan bersih dari kuman. Nah, kegiatan seru apa yang akan Anda lakukan bersama keluarga untuk menanti waktu berbuka hari ini?

Sumber:

    intheplayroom.co.uk/2013/06/14/ramadan-activities-for-children/ productivemuslim.com/productive-ramadan-activities-for-little-kids-and-tiny-tots/ visitindonesia.ae/tours-center/ramadan-in-indonesia/