Hindari 4 Hal Ini untuk Cegah Iritasi Kulit

Iritasi kulit merupakan salah satu gangguan kesehatan yang rentan menyerang saat musim kemarau. Penyebabnya sangat beragam. Namun, sebagian besar bermula dari penggunaan pakaian yang kurang nyaman sehingga membuat kulit mengalami iritasi. Kondisi ini tentunya bisa mengurangi kenyamanan Anda, terutama saat beraktivitas. Nah, untuk mencegahnya, hindari 4 hal berikut yang dapat menjadi pemicu iritasi pada kulit.

Pakaian dengan bahan yang memicu iritasi dan terlalu ketat

Agar Anda dan keluarga terhindar dari iritasi kulit, cobalah untuk lebih selektif dalam memilih bahan pakaian. Hindari mengenakan pakaian yang berbahan serat sintetis, seperti polyester dan linen. Keduanya kurang cocok jika dikenakan saat musim kemarau karena daya serapnya terhadap keringat tidak sebaik katun. Selain itu, seratnya juga berisiko memicu iritasi saat bergesekkan dengan kulit, terutama jika terlalu sering dipakai. Hal yang sama juga bisa terjadi jika pakaian yang digunakan terlalu ketat, mengingat kulit akan sulit bernapas sehingga risiko terjadinya iritasi semakin meningkat.

Berlama-lama di ruangan ber-AC

Banyak orang yang suka berlama-lama di ruangan ber-AC saat musim kemarau. Meski dianggap wajar, efeknya kurang baik bagi kesehatan kulit Anda. Iritasi kulit rentan terjadi karena pendingin ruangan seperti AC cenderung membuat kulit kehilangan kelembapannya. Kulit yang terlalu kering akan sangat rentan mengalami iritasi. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menyiasati dengan mengoleskan losion pelembap kulit sesering mungkin saat berada di ruangan ber-AC.

Penggunaan kosmetik pemicu alergi

Sinar UV matahari

Selama musim kemarau, kulit rentan terpapar sinar UV. Hal ini bisa berdampak negatif terhadap kesehatan kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya untuk menghindari paparan sinar UV secara langsung saat beraktivitas di luar ruangan. Kenakan pakaian berlengan panjang, celana panjang, dan topi bila perlu. Selain itu, gunakan juga losion dengan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan guna melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Iritasi kulit memang sering kali terjadi dan membuat kita menjadi merasa kurang nyaman. Apalagi jika iritasi terjadi saat beraktivitas. Untuk membantu Anda mencegah gangguan kesehatan yang satu ini, cobalah keempat tips di atas. Dengan begitu, diharapkan Anda bisa kembali merasa nyaman saat beraktivitas. Semoga membantu. 

Sumber: 

  • alodokter.com/risiko-penyakit-serius-di-balik-gatal
  • medicinenet.com/itch/article.htm

Diakses pada 8 Juli 2016

Berbagi artikel ini