Haruskah Minum Antibiotik Ketika Flu?

Apakah Anda pernah mengalami flu? Ketika Anda ke dokter, pernahkah Anda mendapat resep antibiotik?

Antibiotik sering digunakan dalam pengobatan flu, bahkan masyarakat sering “latah” dalam menggunakan antibiotik. Mereka beranggapan bahwa tanpa antibiotik, flu tidak akan sembuh. Perlu Anda ketahui bahwa itu hanyalah sugesti, karena antibiotik tidak akan menyembuhkan flu. Penyebab flu adalah virus, dan antibiotik tidak membunuh virus melainkan hanya membunuh bakteri. Penanganan tepat mengobati flu adalah dengan menggunakan antivirus. Namun, tanpa menggunakan antivirus pun flu dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari karena virus penyebab flu akan mati diserang oleh sel imun si penderita.

Meskipun flu dapat sembuh dengan sendirinya, sebagian orang tidak tahan terhadap gejala flu yang dirasakan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meringankan gejala flu yang mengganggu:

  • Istirahat adalah hal terpenting karena dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan dapat membantu Anda merasa lebih baik.
  • Minumlah banyak air dan cairan non-alkohol untuk mencegah dehidrasi.
  • Hindari paparan asap rokok.
  • Hirup uap dan mandi air hangat untuk membantu meringankan hidung tersumbat.

Selain itu, untuk meredakan sakit tenggorakan, Anda dapat melakukan pengobatan sederhana ini:

  • Berkumur dengan air asin hangat.
  • Mengisap permen pelega tenggorokan.
  • Minum air hangat dengan madu dan lemon.

Selain dengan langkah-langkah sederhana tersebut, flu juga dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat mengurangi gejala flu. Di antaranya seperti parasetamol dan ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit dan demam, dekongestan dan tetes hidung saline untuk meredakan hidung tersumbat, dan obat komplementer (misalnya vitamin C, zinc, echinacea) untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Obat-obatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek. Untuk memilih obat mana yang cocok untuk Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan apoteker.

Penyebab flu bukanlah bakteri, melainkan virus. Mengonsumsi antibiotik saat mengalami flu tidak akan akan membunuh virus penyebab flu, tapi justru Anda akan mengalami resistensi antibiotik, kondisi di mana antibiotik tidak mampu membunuh bakteri yang menginfeksi tubuh Anda. Jadi, hindarilah mengonsumsi antibiotik ketika Anda mengalami flu. 

Sumber:

  • http://www.nps.org.au/conditions/respiratory-problems/respiratory-tract-infections/for-individuals/conditions/influenza/for-individuals/medicines-and-treatments#medicines_flu
  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15461203