Haruskah Mendapatkan Vaksin Flu Tahunan?

Salah satu perlindungan efektif untuk mencegah virus penyebab flu adalah dengan vaksinasi. Namun Anda tetap dapat melindungi diri dengan Lifebuoy Hand Wash. 

Flu adalah penyakit musiman yang menyerang hampir semua manusia. Flu disebabkan oleh virus influenza yang menyerang sistem pernapasan Anda termasuk hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Orang yang beresiko tinggi terkena komplikasi flu meliputi anak-anak, lanjut usia (diatas 65 tahun), wanita hamil, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan mereka yang memiliki penyakit kronis.

Pencegahan infeksi virus penyebab flu dapat dilakukan dengan berbagai cara: 

  1. Perlindungan dari luar, yaitu dengan menjaga kebersihan diri seperti cuci tangan dengan Lifebouy Hand Wash. 
  2. Perlindungan dari dalam melalui vaksinasi
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi yang cukup serta berolahraga.

Vaksinasi flu memang tidak diharuskan, namun Center for Disease Control and Prevention sejak 24 Februari 2012 merekomendasikan semua orang berusia 6 bulan ke atas, untuk mendapatkan vaksinasi flu tahunan.

Sebuah vaksin flu diperlukan setiap tahun karena dua alasan. Pertama, respon kekebalan tubuh dari vaksinasi menurun dari waktu ke waktu, sehingga vaksin tahunan diperlukan untuk perlindungan optimal. Kedua, karena virus penyebab flu terus berubah, perumusan vaksin flu ditinjau setiap tahun, dan kadang-kadang diperbarui untuk mengikuti perubahan virus flu. Vaksinasi flu juga dapat membuat penyakit Anda lebih ringan jika Anda sakit.

Vaksinasi flu adalah alat pencegahan yang penting, terutama bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan kronis. Vaksinasi ini juga harus dilakukan untuk orang-orang yang berisiko tinggi terkena komplikasi serius dari influenza. Vaksinasi juga membantu melindungi wanita selama kehamilan dan bayi mereka hingga 6 bulan setelah mereka lahir.

Vaksin membentuk antibodi yang efektif dalam mencegah virus penyebab flu yang menginfeksi tubuh, meskipun masih ada kemungkinan Anda kembali terserang flu setelah vaksinasi. Kemampuan vaksin flu untuk melindungi seseorang memang tergantung pada berbagai faktor, termasuk usia dan status kesehatan orang yang divaksinasi, dan juga kesamaan atau "match" antara virus yang digunakan untuk membuat vaksin, dan yang beredar di masyarakat.

Namun, penting untuk diingat bahwa bahkan ketika virus tidak sama persis, vaksin masih dapat melindungi banyak orang dan mencegah komplikasi terkait flu. Perlindungan tersebut dimungkinkan karena antibodi dapat memberikan proteksi-silang terhadap virus influenza yang berbeda, tetapi terkait.

Sayangnya, kendala dalam mendapatkan vaksin flu adalah harganya yang tidak murah. Sebagai solusi, lakukan perlindungan dari luar dengan meminimalkan paparan virus. Salah satunya dengan mencucicuci tangan dengan Lifebuoy Hand Wash sesering mungkin. Juga gunakan masker bila berada di tempat umum dan keramaian, serta hindari kontak dengan orang yang terinfeksi.

Hidup sehat itu mudah, karena sehat dapat Anda peroleh dengan berbagai cara, termasuk dari sebotol Lifebouy Hand Wash.

Sumber:

Berbagi artikel ini