Cegah Virus Influenza Menyusup di Keluarga Anda

Penyakit flu mudah ditularkan. Maka, Anda harus waspada dan lakukan tindakan preventif untuk mencegah virus influenza menyerang keluarga Anda.

Hampir semua orang mengenal penyakit flu. Milyaran orang di dunia sudah pernah terjangkit oleh penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini. Sungguh menyedihkan, jutaan di antaranya mengalami konsekuensi yang fatal, yaitu kematian. Sebagian besar di antara mereka tinggal di negara-negara berkembang, meski tidak sedikit korban yang berasal dari negara maju. Statistik tersebut membuktikan bahwa penyakit ini masih perlu diwaspadai oleh semua orang, tidak terkecuali keluarga Anda. Mayo Clinic menyatakan bahwa anak-anak kecil memiliki risiko terjangkit flu yang lebih besar daripada orang dewasa. Maka, jika keluarga Anda terdiri dari satu atau beberapa anak kecil, Anda perlu lebih waspada untuk mencegah virus influenza menjangkiti keluarga Anda.

Dari waktu ke waktu, virus influenza senantiasa berubah. Karena itu, sulit untuk membuat obat yang spesifik untuk mengatasi flu. Fakta tersebut tentu menambah alasan Anda untuk berhati-hati terhadap virus influenza. Media perantara utama dari virus ini adalah udara. Virus keluar dari tubuh ketika seseorang berbicara, batuk, atau bersin. Untuk itu, apabila salah satu dari anggota keluarga Anda terkena flu, mintalah ia menggunakan penutup mulut untuk mengurangi jumlah virus yang tersebar di rumah. Untuk sementara waktu, mintalah ia untuk tidak bersosialisasi terlalu banyak, berdiam di kamarnya sendiri hingga gejala flu tersebut berkurang. Peraturan ini mungkin kurang menyenangkan, namun keadaan akan lebih tidak menyenangkan ketika seluruh anggota keluarga terjangkit flu

Kebiasaan lain yang dapat membantu keluarga Anda menghindari virus influenza adalah mencuci tangan menggunakan sabun. Selain melalui udara, media perantara virus influenza yang umum adalah manusia. Virus tersebar ketika kita menyentuh permukaan benda yang sebelumnya disentuh oleh penyandang flu. Rantai penyebaran virus melalui manusia itu akan terus berlanjut, dan akan terputus saat kita mencuci tangan menggunakan sabun. Virus yang menempel di permukaan benda atau kulit dapat bertahan hingga 17 hari, namun saat terkena sabun, virus akan dideaktivasi. Maka, penting untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, setelah dari toilet, saat mandi, dan setelah beraktivitas di luar rumah. Lifebuoy, melalui program G21H, menganjurkan setiap keluarga di Indonesia untuk membiasakan diri mencuci tangan di saat-saat kritis tersebut, setidaknya selama 21 hari berturut-turut. Setelah 21 hari, seluruh keluarga Anda akan terbiasa untuk terus melakukannya tanpa diingatkan.

Keluarga adalah lingkaran komunitas terdekat Anda. Ketika Anda terkena flu, akan sangat mudah menularkannya kepada orang-orang terdekat. Anda tentu tidak ingin menjadi sumber penyakit bagi keluarga Anda, bukan? Untuk itu, tips mencegah penularan flu dan tips mencuci tangan dari Lifebuoy di atas tentu perlu menjadi perhatian Anda, mulai dari sekarang dan seterusnya.

Sumber:

Berbagi artikel ini