Cegah Kuman-Kuman Bertebaran di Rumah Anda!

Rumah tentu merupakan tempat ternyaman bagi Anda untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat. Namun, terkadang aspek higienitas rumah diabaikan oleh pemiliknya. Akibatnya, rumah tidak lagi menjadi tempat yang menyenangkan karena dapat menjadi sumber infeksi bakteri. Ada tiga tempat yang rawan menjadi sarang bakteri. Berikut adalah cara-cara untuk melakukan pencegahan infeksi di tempat-tempat tersebut.

Toilet dan Kamar Mandi

Selalu bersihkan toilet setelah dipakai. Sediakan cairan disinfektan di sebelah toilet sehingga setiap orang yang menggunakan toilet dapat dengan mudah membersihkannya. Setiap beberapa hari sekali, sikatlah toilet dan lantai kamar mandi dengan menggunakan cairan pembersih dan disinfektan. Jika Anda memiliki wastafel, jangan lupakan benda ini dari pembersihan rutin.

Dapur

Dapur merupakan tempat dimana makanan Anda disiapkan. Jadi, Anda perlu ekstra hati-hati dalam merawat kebersihan dapur Anda. Selalu cuci tangan Anda sebelum dan setelah beraktivitas di dapur. Gunakan papan pemotong yang berbeda untuk sayuran dan daging. Pastikan semua alat masak Anda bersih, terutama pisau dan papan pemotong.

Lantai dan Karpet

Bersihkan lantai dengan air hangat yang dicampur dengan deterjen. Gunakan juga disinfektan untuk membunuh kuman yang bersarang. Pastikan lantai sudah kering sebelum anggota keluarga Anda menginjak lantai tersebut. Jika Anda menggunakan karpet, bersihkan karpet secara rutin. Pembersihan ini bisa dilakukan dengan menggunakan dry-cleaning atau pembersih uap.

Tempat-tempat di atas hanyalah sebagian kecil dari area dan benda yang dapat dihinggapi kuman berbahaya. Masih banyak benda lainnya, seperti tempat sampah, mesin cuci, mainan, dan pakaian kotor. Untuk melakukan pencegahan infeksi kuman, bersihkan semua benda di rumah Anda secara rutin. Makin sering benda itu disentuh atau digunakan, makin sering Anda harus membersihkannya.

Sayangnya, masih banyak rumah di beberapa tempat di Indonesia seperti Desa Bitobe, NTT, yang belum dapat memenuhi syarat sebagai rumah yang higienis. Bukan karena masyarakatnya tidak mau, tapi karena ketiadaan infrastruktur dan fasilitasi yang memadai di daerah tersebut. Sambil melakukan pencegahan infeksi di rumah kita sendiri, mari kita bantu mereka juga untuk membangun infrastruktur kebersihan dan kesehatan di daerah  tempat tinggal mereka. Bersama Lifebuoy, Anda dapat membantu mereka dengan melakukan salah satu langkah berikut ini:

  1. Bergabung di Facebook, dan klik like pada fanpage Lifebuoy. 
  2. Follow @BeritaSehatID di Twitter, lalu tweet dengan hashtag #5ThnBisaUntukNTT.
  3. Tonton video 5 Tahun Bisa Untuk NTT di Youtube, lalu share ke media sosial.
  4. Kunjungi website www.5tahunbisa.lifebuoy.co.id, lalu klik dukung.
  5. Beli produk Lifebuoy apapun di Carrefour pada periode 23 Oktober – 23 November 2013.

Mudah bukan? Bersama Lifebuoy, mari kita bantu saudara-saudara kita untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan higienis! 

Sumber:

  • http://www.5tahunbisa.lifebuoy.co.id/home/how
  • http://www.nhs.uk/Livewell/homehygiene/Pages/prevent-germs-from-spreading.aspx
  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK8142/