Cegah Infeksi dengan Imunisasi

Tahukah Anda bahwa infeksi kerap kali terjadi namun sering terabaikan? Penularan infeksi sangat cepat dan beberapa diantaranya dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, WHO memiliki program-program dan gagasan-gagasan yang ditujukan untuk melindungi masyarakat dunia dari infeksi. Pencegahan infeksi dapat dilakukan dengan pemberian vaksin sebagai perlindungan seumur hidup dari dalam tubuh yang ditunjang perlindungan dari luar melalui tersedianya sanitasi yang memadai dan selalu menjaga kebersihan.
    

Dalam pencegahan infeksi, pemberian vaksin (imunisasi) diakui sebagai salah satu tindakan kesehatan yang paling tinggi tingkat keberhasilannya namun dengan biaya yang paling efektif. Imunisasi terbukti dapat mencegah 2-3 juta kematian setiap tahun. Bila Anda selama ini berpendapat bahwa hanya balita lah yang membutuhkan vaksin, pendapat tersebut harus Anda ubah karena berkat penemuan vaksin yang baru dan canggih dari para peneliti, remaja dan orang dewasa pun dapat dilindungi dari infeksi yang mengancam jiwa seperti influenza, meningitis, dan kanker (serviks dan hati). Imunisasi disebut sebagai perlindungan seumur hidup, namun ironisnya pada tahun 2012 diperkirakan 22,6 juta bayi tidak mendapatkan layanan imunisasi rutin dan setengah dari jumlah ini berada di India, Indonesia dan Nigeria. Berdasarkan hal ini, Badan Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) menggagas Pekan Imunisasi Dunia tahun 2014 yang diadakan minggu terakhir bulan April 2014 dengan tema “Are you up-to-date?” yang bertujuan untuk mempromosikan salah satu upaya paling efektif di dunia kesehatan untuk melindungi masyarakat dari penyakit menular.

Menurut WHO, kebersihan dan sanitasi memiliki peranan penting dalam pencegahan infeksi. Penyebaran infeksi sebagian besar disebabkan oleh kebersihan dan sanitasi yang kurang. Sanitasi sendiri umumnya dikaitkan dengan akses air serta fasilitas pembuangan kotoran. Sanitasi dan kebersihan yang kurang terjaga tentu dapat menimbulkan masalah serius terhadap kesehatan. Selain itu, kebersihan diri dan lingkungan juga mempengaruhi penyebaran infeksi. Infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran kemih, infeksi saluran pernafasan, dan infeksi kulit adalah beberapa infeksi yang disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan dan sanitasi

Oleh karena itu, agar terhindar dari penularan infeksi, pastikan Anda dan keluarga menerima imunisasi sesuai anjuran WHO dan jagalah selalu kebersihan, baik kebersihan pribadi maupun lingkungan, serta ciptakan sanitasi yang memadai. Dengan menerima imunisasi dan menjaga kebersihan serta memiliki sanitasi yang memadai, Anda dan keluarga sudah memiliki benteng pertahanan terhadap penularan infeksi.

Sumber:

Diakses pada 9 May 2014