Cara Mengatasi Pilek pada Anak

Pilek pada anak merupakan gangguan kesehatan yang menyerang hidung. Penyakit yang tergolong penyakit ringan ini menyebabkan hidung mengeluarkan lendir secara terus menerus. Sebagai seorang ibu, Anda tentu tak ingin pilek merenggut keceriaan si kecil. Nah untuk membantu mencegah pilek pada si kecil, tak ada salahnya bagi Anda untuk menambah wawasan akan penyakit tersebut.

Mengenali gejala pilek pada anak
Gejala pilek pada anak perlu dikenali sejak dini agar penyakit bisa segera ditangani. Gejala pilek sendiri umumnya meliputi bersin bersin, tenggorokan terasa tidak nyaman sampai sakit tenggorokan, hidung mengeluarkan lendir, dan suara serak.

Masa inkubasi pilek sendiri tergolong cepat, yaitu hanya berkisar antara 2 sampai 3 hari. Masa inkubasi atau masa setelah virus pilek menginfeksi tubuh ini biasanya diikuti dengan bersin-bersin dan sakit tenggorokan. Gejala tersebut biasanya tetap terlihat sampai sepuluh hari pada anak anak usia diatas 5 tahun dan orang dewasa, sedangkan pada balita bisa lebih lama. Gejala pilek pada anak tersebut biasanya juga diikuti dengan sakit kepala, demam, mata berair, nyeri otot, rasa lelah, berkurangnya indra penciuman dan pengecap serta berkurangnya nafsu makan.

Penyebab pilek pada anak
Pilek pada anak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus dapat menginfeksi tubuh melalui dua cara. Pertama, virus menginfeksi tubuh secara langsung. Kedua, virus menginfeksi melalui lendir penderita yang tertiup angin atau secara tidak sengaja tersentuh oleh orang sehat. Dengan cara infeksi yang demikian, anak jadi lebih rentan terinfeksi penyakit ini. Jika dibandingkan dengan orang dewasa, anak bisa menderita pilek 8 sampai 12 kali dalam setahun.

Cara mengatasi pilek pada anak
Pilek pada anak sebenarnya bisa dicegah. Namun jika memang si kecil sudah terlanjur terserang virus pilek, berikut beberapa cara mengatasi pilek pada anak yang bisa Anda lakukan.

- Istirahat cukup
Pilek pada anak umumnya bisa diatasi dengan istirahat cukup. Jangan lupa buat posisi kepala si kecil sedikit lebih tinggi dengan menambahkan selimut atau bantal tambahan guna memudahkannya bernapas.

- Minum cukup
Cara mengatasi pilek pada anak lainnya adalah dengan memberikan si kecil cairan yang cukup. Hal ini sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang lewat lendir yang dibuang.

- Madu
Beri si kecil sesendok madu yang dilarutkan dalam susu atau air minumnya guna membantu meredakan sakit pada tenggorokan. Madu dalam hal ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan sekaligus memulihkan kekebalan tubuh.

Bagaimana mencegah pilek pada anak?
Adapun cara mencegah pilek, seperti Anda bisa lihat pada tips berikut.

- Menghindari keramaian
Anak cenderung lebih rentan terinfeksi penyakit di keramaian, karena adanya polusi udara yang menyebarkan virus. Karenanya diperlukan pelindung khusus saat terpaksa harus berada di keramaian. Kenakan masker pada si kecil agar virus tak menginfeksinya lewat hidung dan mulut. Sementara itu, lindungi kedua tangannya dari infeksi virus dengan membekalinya hand sanitizer.

- Menjaga kebersihan tempat tinggal
Tubuh bisa terinfeksi virus pilek jika kebersihannya tidak terjaga. Karenanya, jaga kebersihan tempat tinggal agar tidak menjadi sarang penyakit, terutama obyek seperti gagang pintu, bel pintu, toilet, dan remote TV.

-Menjaga kebersihan diri
Jaga kekebalan tubuh dengan menjaga kebersihan diri. Contohnya, biasakan mencuci tangan setelah bepergian dari luar atau melakukan aktivitas yang kotor, dan juga sebelum makan. Seterusnya, anak juga harus rutin mandi dua kali sehari untuk menghilangkan kuman yang melekat di tubuh.

- Penuhi kebutuhan nutrisi anak
Untuk bisa melawan infeksi virus pilek pada anak, si kecil perlu dukungan nutrisi yang cukup. Karenanya pastikan Anda sudah memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan memberinya makanan bergizi seperti sayuran hijau dan buah buahan. Kedua jenis makanan tersebut kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat.

Anak-anak memang sangat rentan terserang pilek. Jika tidak dicegah, si kecil tentu jadi lebih sering sakit. Cegah hal ini terjadi dengan memberinya perlindungan terbaik. Salah satunya dengan mengenali cara mengatasi pilek pada anak di atas, sehingga Anda bisa mengupayakan pencegahan terbaik agar si kecil tetap sehat.


Sumber & waktu akses:

  • alodokter.com/pilek
  • webmd.com/children/features/home-remedies-kids-winter-ills#1
  • kidshealth.org/en/parents/tips-take-care.html
  • babycenter.com/0_safe-home-remedies-to-soothe-your-childs-cold-and-flu-sympto_10014077.bc

Diakses tanggal 18 November 2016