Begini Cara Menghilangkan Mata Merah dan Berair Akibat Iritasi Agar Lekas Sembuh

Ada beragam gangguan kesehatan yang sering dianggap sepele oleh banyak orang, salah satunya adalah mata merah dan berair. Gangguan kesehatan ini biasanya dibiarkan begitu saja. Jika tak diatasi sesegera mungkin, kemungkinan besar fungsi mata menjadi terganggu. Anda pun akan merasa tidak leluasa beraktivitas. Padahal, cara menghilangkan mata merah yang terasa tak nyaman sebenarnya tidak sulit. 

Salah satu gangguan yang sering muncul terhadap mata adalah dari tangan Anda sendiri. Seringkali, tanpa disadari, Anda menyentuh mata dengan tangan yang tidak bersih dan kemudian mengakibatkan gangguan pada mata Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan tangan Anda dengan kebiasaan mencuci tangan.

Mengenal Penyebab Mata Merah dan Berair 

Penyebab mata merah dan berair sangat beragam. Itulah yang menyebabkan Anda sering mengalaminya ketika sedang melakukan aktivitas. Beberapa penyebab yang bisa membuat mata merah bahkan berair antara lain:

  • Alergi

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs All About Vision, alergi merupakan penyebab mata merah dan berair yang paling sering terjadi. Sama seperti organ tubuh lainnya, mata juga akan bereaksi ketika ada benda asing yang mengganggu. Benda asing tersebut bisa berupa debu, serbuk sari dari bunga, bulu binatang, dan zat kimia yang ada di udara. Mata akan memerah dan mulai berair sebagai reaksi untuk mengatasi penyebab alergi (alergen) tersebut.

  • Conjunctivitis

Conjunctivitis adalah radang yang menyerang lapisan terluar kornea. Penyakit ini akan membuat lapisan mata menjadi merah dan terasa mengganjal. Pada umumnya, conjunctivitis kerap terjadi pada anak-anak.

  • Computer Vision Syndrome

Sindrom yang satu ini kerap terjadi pada masyarakat modern. Menatap layar komputer atau gadget terlalu lama akan menyebabkan mata lelah, sehingga mata akan terus berair untuk mempertahankan kelembapannya secara alami. Selain itu, computer vision syndrome juga disertai gejala lain seperti mata merah, pandangan kabur, dan kemampuan jarak pandang berkurang.

  • Iritasi akibat lensa kontak

Anda memang harus hati-hati ketika menggunakan lensa kontak. Karena lensa kontak yang jarang dibersihkan atau kedaluwarsa bisa mengakibatkan mata merah, berair, dan berbagai gangguan lainnya. Pastikan bahwa Anda memilih lensa kontak berkualitas agar terhindar dari iritasi mata.

Cara Menghilangkan Mata Merah yang Praktis dan Efektif