Banyak Cara untuk Menjaga Kebersihan Tangan

Tangan merupakan media penyebaran berbagai jenis mikroorganisme penyebab penyakit. Maka dari itu, kebersihan tangan harus selalu dijaga agar terhindar dari penularan penyakit. Namun, tidak tersedianya air dan sabun terkadang menjadi kendala dalam menjaga kebersihan tangan. Padahal, menurut WHO terdapat berbagai cara untuk menjaga kebersihan tangan, termasuk tanpa menggunakan air dan sabun. Para peneliti telah menemukan sebuah metode membersihkan tangan tanpa menggunakan air dan sabun. Metode tersebut menggunakan sediaan yang mengandung alkohol sebagai bahan dasar yang disebut hand sanitizer.

Hand sanitizer didesain sebagai produk yang digunakan jika air dan sabun tidak tersedia. Agar efektif, produk ini mengandung setidaknya 60% alkohol. Selain itu, produk ini juga mengandung bahan yang dapat menurunkan jumlah kuman, walaupun tidak dapat menghilangkan seluruh kuman di tangan. Yang perlu Anda diperhatikan, gunakanlah  hand sanitizer yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti bahan pemutih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka gunakan hand sanitizer sesuai dengan petunjuk penggunaan yang disarankan. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan tangan dengan hand sanitizer sesuai anjuran WHO dimana lama seluruh prosedur adalah 20-30 detik.

Langkah 1. Tuang produk secukupnya sehingga dapat digunakan secara merata pada permukaan tangan.

Langkah 2. Ratakan produk dengan kedua telapak tangan.

Langkah 3. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan lakukan sebaliknya.

Langkah 4. Gosok kedua telapak dan sela-sela jari.

Langkah 5. Posisikan jari-jari dalam dari kedua tangan sehingga saling mengunci.

Langkah 6. Gosok ibu jari kiri secara berputar dalam genggaman tangan kanan, dan lakukan sebaliknya.

Langkah 7. Gosok ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dengan gerakan memutar, dan lakukan sebaliknya. Tangan Anda pun sudah bersih.

Dengan mengikuti petunjuk yang disarankan oleh WHO tersebut tangan Anda akan bersih dan Anda akan terhindar dari penyakit yang penularannya terjadi melalui tangan. Jadi, tidak adanya air dan sabun bukanlah kendala bagi Anda untuk menjaga kebersihan tangan, bukan? 

Sumber:

  • World Helath Organization. WHO Guidelines on Hand Hygiene in Health Care. WHO Library Cataloguing-in-Publication Data. 2009. Taken from: http://www.who.int/patientsafety/information_centre/ghhad_download_link/en/
  • Connecticut Departemen of Public Health. Hand Sanitizers Fact Sheet. Connecticut Departemen of Public Health Environmental Health Section. 2012. Taken from: http://www.ct.gov/dph/lib/dph/environmental_health/eoha/pdf/hand_sanitizer_factsheet.pdf.