Bantu Si Kecil Menyambut Bulan Puasa dengan 5 Cara Ini

Bulan Ramadhan yang penuh ampunan sebentar lagi tiba. Berbagai persiapan mungkin sudah terbiasa Anda lakukan setiap tahunnya untuk menyambut bulan puasa. Tapi, bagaimana dengan si kecil? Jika puasa kali ini adalah yang pertama kali baginya, ia tentu akan kesulitan menyesuaikan diri. Agar kesehatan anak tetap terjaga jelang dan selama Ramadhan, coba ikuti 5 tips berikut agar kondisi mental dan fisiknya siap menyambut datangnya bulan yang penuh rahmat tersebut.

Ajak Berlatih Puasa

Agar si kecil siap menjalani puasa pertamanya nanti, cobalah untuk membiasakannya terlebih dulu dengan melatihnya berpuasa beberapa hari sebelumnya. Lakukan latihan secara bertahap dengan mengajaknya berpuasa setengah hari. Jika ia mampu melewatinya tanpa kesulitan, tingkatkan latihannya menjadi puasa sehari penuh. Selain mengurangi rasa kaget si kecil saat menjalani puasa pertamanya nanti, cara ini juga dapat membantunya membiasakan diri bangun lebih pagi untuk makan sahur.

Bantu Jaga Kesehatannya

Sebelum puasa, pastikan kesehatan si kecil terjaga dengan baik. Salah satu upayanya adalah dengan membiasakannya cuci tangan pakai sabun, terutama setiap sebelum makan, usai menggunakan toilet, dan setelah beraktivitas di luar. Hal ini perlu dibiasakan sejak dini mengingat orang tua juga terkadang lupa mengingatkan anak untuk cuci tangan pakai sabun sebelum berbuka puasa karena kesibukan di dapur. Padahal, saat bermain untuk menanti waktu berbuka, tangan si kecil sangat berisiko terkena kuman. Jika ia langsung menyantap sajian buka puasa tanpa cuci tangan terlebih dulu, tentu kuman yang menempel di tangannya ikut terbawa masuk ke dalam mulutnya. Gunakan selalu Lifebuoy Handwash ketika cuci tangan pakai sabun agar 99% kuman berbahaya pada tangan si kecil bisa dihilangkan. Selain membiasakannya untuk cuci tangan dan menyediakan sabun yang menarik, ajari ia juga cara cuci tangan yang benar, ya. Dan, pastikan ia tidur dengan waktu yang cukup setiap harinya. Bila perlu, atur juga jadwal tidur siangnya mengingat saat puasa nanti tidur malamnya akan sedikit berkurang sehingga ia harus mendapatkan waktu tidur pengganti di siang hari.

Kurangi Porsi Snack di Tengah Hari

Beberapa minggu jelang puasa, cobalah untuk mengurangi porsi snack yang dikonsumsi anak. Lakukan secara bertahap, khususnya saat tengah hari. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat saat puasa nanti ia tidak akan mengonsumsi apa pun saat tengah hari. Dengan berlatih sebelumnya, maka ia akan terbiasa untuk menahan rasa lapar sampai waktu berbuka tiba.

Beri Pemahaman Tentang Puasa

Pemahaman yang baik mengenai puasa dan manfaatnya perlu diberikan pada anak sejak dini. Dengan begitu, diharapkan si kecil akan menyadari bahwa menjalankan puasa merupakan perintah agama. Apa lagi, puasa pun dapat memberikan beragam manfaat dari segi kesehatan.

Ajak Anak Menyiapkan Keperluan Puasa

Menyiapkan keperluan puasa bersama si kecil bisa jadi ide cerdas untuk menyiapkan mentalnya jelang Ramadhan. Anda bisa memulainya dengan mengajaknya berbelanja kebutuhan puasa. Beri ia kesempatan untuk memilih bahan makanan yang disukainya, baik untuk menu buka puasa maupun sahur. Dengan cara ini, diharapkan ia bisa lebih termotivasi untuk menjalankan ibadah puasa.

Mendidik anak untuk menjalankan ibadah puasa memang tidaklah mudah. Namun, dengan kelima cara di atas dan kesabaran Anda sebagai orang tua, semuanya bisa dicapai dengan baik. Yuk, berikan semangat pada si kecil untuk menyiapkan dirinya menyambut puasa pertamanya tahun ini! 

Sumber:

    english.alarabiya.net/en/life-style/healthy-living/2015/06/13/Ready-for-Ramadan-Top-tips-to-prepare-your-body-for-fasting.htmlproductivemuslim.com/10-tips-to-help-moms-make-ramadan-fun-for-kids 

Diakses tanggal 8 April 2016Berbagi artikel ini