Apakah Anak Anda Membutuhkan Vaksin Influenza?

Di Indonesia, influenza merupakan penyakit yang tidak aneh bahkan terkadang dianggap remeh. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini menyerang sistem pernapasan. Jika kondisinya semakin parah dan terus dibiarkan, influenza dapat menyebabkan komplikasi seperti pneumonia dan bronkitis yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak yang lebih rentan terhadap masalah kesehatan. Selama ini, sebagian orang di Indonesia tidak mengetahui bahwa kita, terutama anak-anak, memerlukan vaksin untuk penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini.

Sebagai orang tua, Anda tentunya tidak mau anak Anda jatuh sakit. Vaksin ini dapat mengurangi risiko anak Anda terserang penyakit influenza. Vaksin influenza dapat diberikan melalui dua cara, yaitu melalui suntikan dan semprotan. Di beberapa negara, vaksin influenza dalam bentuk semprotan lebih diminati karena tidak diperlukannya penggunaan jarum suntik yang terkadang menakutkan bagi anak.

Anak-anak yang telah berusia lebih dari enam bulan dapat menerima vaksin ini. Vaksin yang tidak mengandung virus influenza hidup di dalamnya ini terutama sangat dianjurkan bagi anak-anak yang memiliki masalah kesehatan khusus seperti diabetes, asma, penyakit jantung, dan paru-paru. Dengan memberikan vaksin kepada anak, Anda juga telah mencegah penyebaran penyakit influenza di dalam keluarga karena mereka cenderung untuk bersin dan batuk di mana saja tanpa menggunakan tisu ataupun mencuci tangan.

Vaksinasi influenza perlu diterima setiap tahun. Hal ini disebabkan karena ketahanan tubuh terhadap virus influenza setelah vaksinasi akan berkurang seiring berjalannya waktu. Selain itu, virus influenza memiliki karakter yang terus berubah secara konstan. Vaksin akan terus menerus diperbarui dengan menambahkan perlindungan terhadap virus influenza jenis terbaru. Oleh karena itu, untuk perlindungan terbaik bagi anak, Anda perlu memberikan vaksinasi kepada mereka setiap tahun.

Vaksin, seperti jenis obat-obatan lainnya, juga memiliki efek samping. Namun, pada umumnya efek samping dari virus influenza ini bersifat ringan, antara lain adalah sakit kepala dan demam ringan. Biasanya efek samping tersebut akan hilang setelah beberapa hari tanpa perawatan. Namun, jika efek samping tersebut memburuk, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

  • http://www.immunise.health.gov.au/internet/immunise/publishing.nsf/Content/immunise-influenza-qanda, 
  • http://www.nhs.uk/Conditions/vaccinations/Pages/child-flu-vaccine.aspx, 
  • http://kidshealth.org/parent/infections/lung/flu.html#, 

Diakses pada 8 Mei 2014

Berbagi artikel ini