7 Langkah Cuci Tangan Penghalau Kuman

Anak-anak termasuk golongan yang rentan terhadap infeksi kuman. Daya tahan tubuh yang masih berkembang, kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan, serta lingkungan anak bermain memungkinkan berbagai kuman menempel dan masuk ke tubuhnya. Selain itu, umumnya anak-anak juga memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mereka senang menyentuh, membawa, bahkan memasukkan sesuatu yang mungkin terinfeksi ke dalam mulutnya. Sehingga, tak heran jika anak-anak sering mengalami pilek, flu, atau diare.
    

Lantas, bagaimanakah cara melindungi anak agar terhindar dari infeksi kuman?

Salah satu cara pencegahan penyakit yang disebabkan infeksi kuman adalah dengan rutin cuci tangan. Upaya ini memang terdengar sepele namun sangat efektif menghindarkan si kecil dari infeksi kuman penyebab penyakit seperti pilek hingga penyakit serius seperti meningitis, dan hepatitis A. Namun, si kecil perlu melakukan langkah yang benar dalam cuci tangan agar dirinya efektif terhindar dari infeksi kuman penyebab penyakit.

Cuci tangan yang benar adalah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir dengan langkah-langkah yang dianjurkan. WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) membagi cuci tangan ke dalam 11 langkah. Namun, Anda dapat merangkumnya menjadi 7 langkah sederhana. Berikut adalah 7 langkah cuci tangan yang dapat Anda ajarkan pada si kecil:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir.
  2. Gunakan sabun antibakteri. seperti Lifebuoy Hand Wash karena efektif untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit.
  3. Gosok-gosok tangan hingga sabun mengeluarkan busa.
  4. Ratakan sabun dan gosok tangan setidaknya selama 20 detik. Ingatlah untuk menggosok semua permukaan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, antara jemari, dan di bawah kuku.
  5. Bilas tangan hingga tak ada busa sabun yang tersisa.
  6. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu kering.
  7. Matikan kran dengan siku tangan atau handuk agar kuman yang mungkin menempel pada kran tidak mencemari tangan yang sudah bersih.

Dengan rutin melakukan 7 langkah cuci tangan, tangan si kecil pun akan bersih kembali sehingga meminimalkan risiko ia terinfeksi kuman penyebab penyakit. Agar si kecil bersemangat, lakukan aktivitas cuci tangan 7 langkah ini bersama-sama saat sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bermain di luar. Memiliki anak sehat tentu adalah harapan Anda, bukan? Karena kesehatan anak adalah segalanya. Yuk, ajari si kecil 7 langkah cuci tangan dengan benar sedini mungkin!

Sumber:

Diakses 19 April 2015