6 Cara Mencegah Bau Badan Membandel

Bau badan merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Terutama pada musim kemarau, dimana tubuh menjadi mudah sekali berkeringat. Namun, jika bau badan tidak segera diatasi, akibatnya bisa serius. Tidak sedikit orang yang kehilangan rasa percaya dirinya akibat aroma tubuhnya yang kurang sedap. Apakah Anda juga pernah mengalami hal yang demikian? Nah, agar kepercayaan diri Anda kembali meningkat, yuk segera cari tahu bagaimana caranya untuk mencegah bau badan. Simak 6 cara mengatasi bau badan yang sudah dirangkum dari beberapa sumber berikut.

Mencegah bau badan dengan membatasi makanan dan minuman tertentu

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau badan. Salah satunya dengan membatasi makanan dan minuman pemicu bau badan. Makanan seperti bawang, daging kambing, daging sapi, dan makanan pedas dianggap sebagai pemicu bau badan. Nah, agar bau badan bisa teratasi, batasilah konsumsi keempat jenis makanan tersebut. Hal ini sering kali tidak disadari sehingga upaya untuk menghilangkan bau badan seolah tidak menghasilkan apa-apa. Selain keempat makanan tersebut, minuman berkafein juga ternyata bisa memicu timbulnya bau badan. Kafein bisa merangsang tubuh untuk memproduksi keringat lebih banyak. Dengan adanya keringat, tubuh menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Dari sinilah masalah bau badan timbul. Untuk itu, jika Anda ingin terbebas dari masalah bau badan tak sedap, kurangi konsumsi minuman berkafein. Cara hilangkan bau badan yang satu ini terbukti ampuh mengatasi bau badan tak sedap.

Mengatasi bau badan dengan cara mandi teratur minimal 2 kali sehari

Membatasi konsumsi makanan dan minuman pemicu bau badan akan menjadi sia-sia saja jika Anda tidak menjaga kebersihan tubuh. Maka dari itu, upaya selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mandi teratur minimal 2 kali sehari. Mandi teratur merupakan cara agar tidak bau badan yang paling mudah dan murah. Agar hasilnya lebih optimal, gunakan sabun anti bakteri untuk membasmi bakteri pemicu bau badan dari tubuh Anda. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan handuk hingga benar-benar kering agar tubuh tidak lembap. Langkah mengeringkan tubuh usai mandi harus dilakukan karena tubuh yang lembap bisa menjadi sarang kuman penyebab bau badan.

Mencegah bau badan dengan menghindari berkeringat terlalu lama

Aktivitas yang padat dan cuaca yang terik membuat tubuh jadi lebih mudah berkeringat. Belum lagi akibat makanan yang dikonsumsi. Hal ini perlu jadi bahan pertimbangan Anda jika tak ingin terkena masalah bau badan tidak sedap. Caranya, hindari berkeringat terlalu lama. Sedia tisu atau handuk kecil untuk menyeka keringat Anda. Manfaatkan juga kipas angin, buku, atau majalah untuk membantu mengeringkan tubuh Anda yang berkeringat. Cara hilangkan bau badan ini terbukti bisa membantu Anda terbebas dari bau badan.

Hilangkan bau badan dengan cara berganti baju sesering mungkin

Bau badan sering kali muncul akibat malas ganti baju, khususnya saat berkeringat. Kondisi baju yang basah akibat keringat membuat tubuh jadi semakin lembap. Kondisi ini sangat disukai oleh bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu, sering-seringlah berganti pakaian agar tubuh terhindar dari bau badan tidak sedap. Pertimbangkan juga bahan baju yang dikenakan guna mencegah bau badan. Pilihlah bahan yang menyerap keringat guna menghindari keringat berlebih. Dengan begitu, bau badan bisa dihindari.

Mengatasi bau badan dengan cara mencukur bulu ketiak secara rutin

Mencukur bulu ketiak ternyata juga perlu dilakukan guna mencegah bau badan. Lakukan kegiatan ini secara rutin. Ingat, bulu ketiak yang dibiarkan tumbuh begitu saja bisa menjadi sarang kuman. Keringat juga akan menempel pada bulu ketiak sehingga membuat ketiak menjadi tempat yang nyaman bagi kuman. Selain itu, bulu ketiak juga bisa menghambat penguapan keringat. Akibatnya, risiko bau badan pun akan meningkat. Jangan biarkan bau badan mengurangi rasa percaya diri Anda. Segera bersihkan bulu ketiak Anda dengan mencukurnya atau dengan metode waxing.

Gunakan deodorant yang tepat agar tidak bau badan

Penggunaan deodorant memang dianjurkan sebagai salah satu cara agar tidak bau badan. Namun, sering kali penggunaan deodorant dilakukan secara sembarangan tanpa mempertimbangkan bahan aktifnya. Inilah alasannya banyak orang yang mengeluh bau badannya tidak berkurang meski sudah menggunakan deodorant. Apakah Anda juga mengalaminya? Coba ganti deodorant Anda dengan deodorant lain yang mengandung aluminium chloride. Senyawa ini dikenal mampu mencegah timbulnya keringat berlebih sehingga ketiak bisa tetap kering. Anda pun terbebas dari bau badan.

Untuk mencegah bau badan memang ada beragam cara yang bisa ditempuh. Namun, tidak semuanya bisa benar-benar mampu mengatasi masalah bau badan. Alih-alih ingin mengatasi bau badan, beberapa cara yang keliru justru akan memperparah kondisi tersebut. Nah, coba ikuti 6 cara mengatasi bau badan di atas. Lakukan sesuai petunjuk yang diberikan agar bau badan segera lenyap dari tubuh Anda. 

Sumber:

  • webmd.com/skin-problems-and-treatments/reduce-body-odor
  • medicaldaily.com/natural-body-odor-remedies-4-ways-eliminate-body-odor-good-hygiene-300446 

Diakses pada 10 Juni 2016

Berbagi artikel ini