5 Waktu Terbaik untuk Cuci Tangan Pakai Sabun

Cuci tangan pakai sabun merupakan cara paling mudah yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari kuman. Namun, jika tidak dilakukan dengan baik dan di saat yang tepat, Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang maksimal. Nah, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari kebiasaan cuci tangan pakai sabun, ketahui 5 waktu terbaik melakukannya yang juga secara khusus dikampanyekan oleh Lifebuoy. Yuk, langsung cek 5 waktu terbaik tersebut!

1. Sebelum makan pagi

Di pagi hari, tak sedikit orang yang terburu-buru berangkat ke sekolah atau tempat kerja, sehingga mereka lupa cuci tangan pakai sabun sebelum sarapan. Padahal, kebiasaan buruk tersebut berisiko bagi kesehatan. Pastikan Anda selalu cuci tangan pakai sabun sebelum sarapan, dan lakukanlah langkah cuci tangan yang dianjurkan agar tangan benar-benar bersih dan bebas dari kuman. Kebiasaan baik ini sangat penting untuk ditularkan mengingat masih rendahnya pemahaman masyarakat akan pentingnya cuci tangan sebelum sarapan.

2. Sebelum makan siang

Pernah lupa cuci tangan pakai sabun sebelum makan siang? Jika ya, mulai sekarang biasakanlah untuk cuci tangan terlebih dulu sebelum mulai menyentuh menu makan siang Anda. Hal ini sangat penting untuk mencegah kuman yang menempel pada tangan Anda masuk ke dalam tubuh, terutama jika Anda makan siang di tempat kerja. Kedua tangan tentu sudah dipenuhi kuman akibat kontak langsung dengan berbagai benda dan perabotan di kantor.

3. Sebelum makan malam

Saat makan malam bersama keluarga, pastikan untuk membiasakan diri cuci tangan pakai sabun dengan langkah cuci tangan yang benar. Jika perlu, ajak keluarga untuk cuci tangan bersama-sama. Cara ini tentunya bisa menciptakan suasana yang lebih menyenangkan saat cuci tangan pakai sabun. Dengan begitu diharapkan mereka bisa terus terbiasa untuk melakukan kebiasaan baik tersebut.

4. Setelah menggunakan toilet

Sebagus dan sebersih apa pun, toilet tetaplah sarang kuman. Karena itu, pastikan untuk selalu cuci tangan pakai sabun setiap kali selesai menggunakan toilet. Pastikan juga Anda cuci tangan dengan langkah yang benar. Dengan demikian, penyebaran kuman pun dapat ditekan.

5. Saat Mandi

Saat mandi bisa menjadi saat yang menyenangkan untuk cuci tangan. Karenanya pastikan Anda tidak lupa untuk melakukannya, agar kuman yang sudah dibersihkan dari tubuh Anda tidak menempel pada tangan.

Nah, itulah 5 waktu penting untuk cuci tangan yang dikampanyekan oleh Lifebuoy. Dengan adanya kampanye ini diharapkan akan semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya cuci tangan di 5 waktu penting yang disarankan tersebut sehingga penyebaran kuman bisa semakin ditekan. Dengan langkah dan waktu yang tepat, manfaat cuci tangan pakai sabun pun bisa Anda dapatkan dengan lebih optimal.

Sumber:

Diakses tanggal 3 Oktober 2015