5 Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Lebaran

Lebaran merupakan momen yang tepat untuk saling bermaafan sekaligus berbagi sehat bersama keluarga. Dengan banyaknya keluarga maupun sahabat yang berkunjung ke rumah, akan semakin terbuka kesempatan bagi Anda untuk berbagi cara hidup sehat dengan mereka. Manfaatkan momen tersebut dengan baik agar ada lebih banyak orang lagi yang bisa tetap sehat selama Lebaran. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan agar semua bisa tetap sehat selama hari raya? Berikut 5 hal yang perlu diperhatikan.

Tidur cukup di malam sebelum Lebaran

Untuk mengantisipasi kesibukan saat hari H Lebaran, perbanyaklah istirahat sebelumnya. Upayakan agar Anda dan keluarga, terutama si kecil, tidur cukup pada malam sebelumnya. Hal ini dilakukan agar saat bangun di pagi hari, tubuh terasa lebih segar. Kurang tidur hanya akan mengurangi kebugaran tubuh sehingga acara silaturahmi pun dapat terganggu.

Perhatikan asupan makanan selama Lebaran

Beragam hidangan nikmat tentu selalu tersaji saat Lebaran. Hal tersebut biasanya akan memicu seseorang untuk makan berlebih. Akibatnya, resiko terkena gangguan pencernaan atau penyakit lainnya pun meningkat. Nah, guna mencegah hal tersebut, ingatkan keluarga Anda untuk makan secukupnya saja. Perhatikan juga gizi dari makanan yang dikonsumsi agar tetap seimbang dan batasi konsumsi makanan pedas serta asam agar terhindar dari gejala gangguan pencernaan.

Tetap berolahraga atau aktivitas ringan lainnya

Meski sedang libur Lebaran, lakukan olahraga secara rutin agar keluarga tetap sehat. Manfaatkan tradisi berkunjung ke tetangga terdekat sebagai salah satu cara untuk bisa berolahraga dan berbagi sehat bersama keluarga. Ajak keluarga untuk berjalan kaki saat bersilaturahmi ke rumah tetangga yang jaraknya tidak terlalu jauh. Anda juga bisa melibatkan keluarga, termasuk si kecil, untuk ikut menjamu keluarga atau tetangga yang datang berkunjung.

Batasi konsumsi sajian manis

Sajian Lebaran biasanya sarat akan makanan dan minuman manis. Nah, sebisa mungkin batasi konsumsi keduanya agar terhindar dari gangguan kesehatan. Berikan pengawasan khusus pada si kecil, mengingat ia yang paling suka dengan makanan dan minuman manis. Siasati dengan meminta air putih atau teh saja saat tuan rumah menawari Anda minuman manis. 

Cuci tangan pakai sabun

Beragam kue Lebaran yang disajikan di meja tamu sering kali membuat orang tidak tahan untuk segera mencicipinya. Sebelum mencicipinya, ingatkan keluarga Anda untuk cuci tangan pakai sabun  dulu. Ikuti 7 langkah cuci tangan yang dianjurkan agar tangan bersih secara optimal dari kuman. Lakukan hal yang sama setelah bersalaman dengan keluarga atau tetangga yang datang berkunjung, guna mencegah penyebaran kuman.

 yang benar, terutama sebelum makan dan setelah bersalaman. Yuk, lakukan kelima hal di atas agar keluarga tetap sehat dan bugar selama Lebaran! 7 langkah cuci tanganLebaran adalah saatnya untuk berbahagia karena bisa berkumpul dan saling bermaafan dengan keluarga dan sahabat. Jangan biarkan infeksi kuman merenggut kebahagiaan selama berlebaran. Cegah penyebaran kuman setidaknya dengan cuci tangan pakai sabun dengan mengikuti

Sumber:

  • thejakartapost.com/news/2015/07/24/chronic-diseases-flare-after-idul-fitri.html  
  • m.antaranews.com/berita/507441/tips-tetap-sehat-saat-lebaran    

Diakses pada 28 April 2016

Berbagi artikel ini