5 Tips Minimalkan Biang Keringat pada Anak Saat Berolahraga

Biang keringat pada anak merupakan salah satu contoh masalah kesehatan yang menyerang kulit. Gangguan kesehatan ini umumnya terjadi akibat kelenjar keringat yang tidak berfungsi dengan baik. Penumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit adalah salah satu faktor yang menyebabkan kelenjar keringat tidak bisa berfungsi normal. Namun, pada beberapa kasus, biang keringat bisa terjadi akibat pengeluaran keringat yang berlebihan lalu terkontaminasi kuman. Hal ini sering kali dialami anak-anak, terutama usai berolahraga. Nah, agar si kecil tidak mengalaminya, coba lakukan 5 tips berikut. 

1. Kenakan pakaian olahraga

Saat berolahraga, anak-anak akan lebih sering berkeringat dan tak jarang jumlahnya berlebihan. Dengan keringat yang membasahi tubuhnya tentu ia akan merasa tidak nyaman. Nah, untuk menjaga kenyamanannya, kenakan pakaian khusus untuk olahraga. Pakaian olahraga biasanya sudah dirancang khusus sedemikian rupa untuk membantu menyerap keringat berlebih pada tubuh.

2. Segera ganti baju setelah berolahraga

Meski mengenakan pakaian olahraga, tetap beritahu si kecil untuk segera mengganti pakaiannya usai berolahraga. Hal ini dilakukan guna mencegah munculnya biang keringat pada kulit, akibat terlalu lama mengenakan pakaian yang lembap karena keringat. Anda dapat membantunya menyediakan baju ganti untuk si kecil usai berolahraga.

3. Sediakan handuk kecil untuk menyeka keringat

Selain baju ganti, sediakan juga handuk kecil setiap kali si kecil akan berolahraga. Handuk kecil sangat penting fungsinya untuk menyeka keringat berlebih agar anak tidak tergoda untuk menyeka keringatnya dengan tangan yang kotor. Tangan yang kotor saat berolahraga dapat memicu biang keringat pada anak jika digunakan untuk mengelap keringatnya. Dengan menggunakan handuk, kulitnya bisa terhindar dari kondisi yang terlalu lembap akibat keringat berlebih.

4. Ingatkan untuk segera mandi

Mandi bisa jadi cara paling mudah untuk mencegah biang keringat setelah berolahraga. Dengan mandi, kulit akan kembali bersih dari kuman dan kotoran. Kulit juga akan kembali segar, karena guyuran air dan sabun. Jadi, selalu pastikan si kecil untuk segera mandi setiap kali selesai berolahraga atau aktivitas lainnya yang membuatnya berkeringat. Gunakan selalu sabun antibakeri untuk membantu melawan kuman pada tubuh.

5. Taburkan bedak dingin

Untuk menjaga kelembapan kulit, terutama setelah berolahraga, ada baiknya untuk menggunakan bedak dingin. Taburkan bedak dingin secara merata pada area tubuh yang diperlukan, seperti lipatan-lipatan tubuh. Namun, pastikan untuk melakukannya setelah mandi dan saat kulit sudah benar-benar kering. Hindari menggunakan bedak pada kulit yang berkeringat atau yang masih basah karena justru dapat memicu biang keringat.

Kehadiran biang keringat pada anak memang tidak bisa dihindari, terutama pada saat cuaca sedang panas. Namun, hal tersebut dapat dicegah. Kelima tips di atas dapat membantu Anda melakukan pencegahan biang keringat pada anak, terutama untuk si kecil yang gemar berolahraga. Dengan begitu, tubuh dan kulit si kecil pun akan tetap sehat. 

Sumber: 

  • webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/dont-sweat-it#1 
  • livestrong.com/article/366870-what-does-it-mean-when-i-sweat-a-lot-during-exercise/

Diakses pada 31 Agustus 2016  

Berbagi artikel ini