4 Tips Sehat dan Bugar di Hari Natal

Natal semakin dekat. Bagaimana dengan persiapan Natal keluarga Anda? Di beberapa hari menjelang perayaan Natal kali ini Anda tentunya semakin disibukkan dengan berbagai persiapan. Mulai dari menghias pohon Natal sampai dengan mengatur menu untuk jamuan para tamu, mungkin tengah Anda siapkan. Meski sangat menguras tenaga, persiapan memang perlu dilakukan dengan didukung kondisi tubuh yang sehat. Nah, agar tetap sehat selama persiapan Natal sampai perayaannya nanti, yuk coba tips berikut.

Pilih dan atur menu yang tepat

Saat Natal nanti, akan banyak hidangan yang menggoda selera. Anda pribadi tentunya ingin menyuguhkan masakan yang spesial untuk jamuan Natal. Jika biasanya menu jamuan Natal Anda berupa makanan sarat kalori, lemak, garam dan gula, untuk Natal kali ini cobalah ganti dengan makanan yang lebih sehat. Pilihan menunya mungkin tetap sama. Namun, sebisa mungkin kurangi pemakaian gula dan garam. Pilih juga makanan yang rendah kalori dan lemak agar seluruh keluarga dan para tamu bisa tetap sehat.

Hindari makan berlebih

Melihat aneka makanan yang ditata rapi sedemikian rupa tentu akan membangkitkan selera makan. Rasanya ingin mencicipi semua hidangan yang ada. Hal ini wajar, akan tetapi jika dituruti dampaknya tidak baik untuk kesehatan. Pastikan Anda dan keluarga menghindari makan berlebihan saat jamuan Natal. Jika perlu, mulailah jamuan Natal dengan mengonsumsi makanan sehat seperti salad atau atau buah-buahan. Cara ini membantu menekan nafsu makan sehingga Anda tidak makan berlebihan. Selain itu, hindari juga makanan yang terlalu pedas sebagai salah satu bentuk pencegahan diare.

Pastikan kebersihan tangan dan peralatan makan

Perayaan Natal yang selalu bersamaan dengan musim hujan merupakan tantangan tersendiri, khususnya saat jamuan. Kita tidak akan pernah tahu keberadaan kuman penyakit yang mungkin menempel di salah satu peralatan makan atau bahkan ada dalam makanan yang disajikan. Karenanya, sebagai salah satu bentuk pencegahan diare, pastikan Anda dan keluarga cuci tangan pakai sabun terlebih dulu sebelum mulai mencicipi makanan yang disajikan. Jangan lupa, bersihkan piring, sendok dan garpu dengan tisu sebelum makan guna mencegah debu dan kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

Sempatkan berolahraga

Saat Natal, Anda dan keluarga tetap dianjurkan untuk berolahraga. Caranya cukup mudah. Atur dan siapkan pesta di luar ruangan. Tak perlu mewah. Meski hanya sekadar BBQ party asal bisa membuat semua yang hadir aktif bergerak, jamuan Natal tetap bisa seru dan berkesan. Anda pun bisa tetap sehat bersama orang-orang tercinta.

Ternyata, Natal bisa lebih seru kan jika Anda dan keluarga bisa saling berbagi sehat? Sekecil apa pun bentuk perhatian yang Anda berikan dampaknya cukup besar bagi kesehatan keluarga Anda. Semoga dengan keempat tips di atas, Natal kali ini bisa lebih berkesan dan bermakna.

Sumber:

Diakses tanggal 19 Desember 2015