4 Senjata Melawan Penyakit Selama Musim Hujan

Musim hujan selalu identik dengan munculnya beragam penyakit, mulai dari yang ringan seperti flu sampai yang agak berat seperti diare dan disentri. Agar Anda dan keluarga terhindar dari penyakit tersebut, Anda memerlukan senjata khusus untuk berperang melawan kuman berevolusi pembawa bibit penyakit. Apa saja senjata ampuh yang diperlukan? Berikut 4 di antaranya yang bisa Anda siapkan untuk membentengi diri dan keluarga dari serangan kuman penyebab penyakit di musim hujan.

1. Payung, Jas Hujan, dan Sepatu Bot

Di musim hujan, Anda akan lebih sering menemukan genangan air di jalan jalan yang Anda lewati. Genangan air seperti ini merupakan tempat berkumpulnya kuman. Karenanya, pastikan Anda terlindungi dari genangan air tersebut dengan menggunakan sepatu bot. Ingatkan juga si kecil dan anggota keluarga lainnya untuk memakainya agar kaki mereka terlindungi dari infeksi kuman yang berevolusi. Selain menggunakan sepatu bot, siapkan pula payung dan jas hujan saat akan keluar rumah. Anda tidak akan pernah tahu kapan hujan akan turun. Akan lebih baik jika kedua perlengkapan tersebut selalu tersedia dalam tas Anda guna mencegah kehujanan. Ingatkan si kecil dan anggota keluarga lainnya juga, ya. 

2. Jaket Tebal

Suhu di musim hujan yang lebih rendah memang lebih menyenangkan. Namun, jangan sampai Anda terkena flu karenanya. Kenakan jaket tebal agar tubuh lebih hangat, terutama saat menjelang malam. Jangan lupa, ajak si kecil dan anggota keluarga lainnya melakukan hal yang sama agar mereka juga bisa terhindar dari flu. Atau jika perlu, Anda juga bisa menyiapkan minuman hangat seperti teh herbal dengan tambahan rempah-rempah untuk menghangatkan tubuh.

3.Obat atau Losion anti nyamuk

Selain identik dengan genangan air dan penyakit, musim hujan juga identik dengan nyamuk. Karenanya, Anda perlu menyiapkan obat atau losion anti nyamuk untuk mencegah gigitan serangga tersebut. Penggunaan obat atau losion anti nyamuk ini juga bertujuan mencegah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

4. Multivitamin

Selain ketiga perlengkapan di atas, sediakan juga multivitamin. Multivitamin diperlukan untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan keluarga selama musim hujan. Dengan begitu, diharapkan Anda bisa tetap sehat dan ceria bersama keluarga.

Untuk hasil yang lebih maksimal, 4 langkah berbagi sehat di atas juga bisa Anda lengkapi dengan mengingatkan anggota keluarga untuk rajin menjaga kebersihan diri, salah satunya dengan mandi dan cuci tangan pakai sabun . Sehingga, perlindungan kesehatan keluarga Anda dari kuman yang berevolusi pun jadi lebih optimal.

Sumber:

Diakses tanggal 16 Desember 2015