4 Ide Kegiatan Olahraga Bersama Si Kecil

Kesehatan ibu dan anak merupakan hal yang saling mendukung satu sama lain. Anak dapat senantiasa sehat berkat dukungan dan perawatan sang ibu. Sebaliknya, kebahagiaan dan kesehatan ibu tentu berasal dari anak yang sehat dan ceria. 

Menjaga kesehatan ibu dan anak sebenarnya tidaklah sulit. Selain memerhatikan asupan gizi yang seimbang, menjaga kebersihan diri, dan cukup tidur, olahraga bersama secara rutin juga bisa menjadi cara menyenangkan yang dapat dilakukan bersama untuk menjaga kesehatan ibu dan anak. Berikut adalah 4 inspirasi kegiatan olahraga yang bisa Anda lakukan bersama si kecil.

Berenang

Mau bersenang-senang sambil menjaga kesehatan anak? Coba ajak ia rutin berenang. Anak-anak biasanya suka bermain dengan air sehingga akan lebih mudah untuk mengajaknya melakukan olahraga satu ini. Olahraga air yang masuk ke dalam kategori aerobik ini bisa membantu melatih pernapasannya. Selain itu, berenang juga bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan badan dan menjaga berat badannya tetap normal. Karenanya, tidak heran jika anak yang rutin berenang biasanya memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dan ideal jika dibandingkan dengan mereka yang tidak suka berenang.

Jogging

Anda suka jogging di pagi hari? Jika ya, coba sesekali ajak si kecil. Cara ini juga bermanfaat positif terhadap kesehatan ibu dan anak, terutama jika dilakukan bersama secara rutin. Selain membantu melatih pernapasan, jogging juga bisa melatih kekuatan tubuh bagian bawah dan memelihara fungsi jantung si kecil. Jika jogging dilakukan pada pagi hari, rutinitas ini sekaligus melatih si kecil untuk terbiasa bangun lebih awal. Kendati demikian, tetaplah waspada akan risiko cidera saat jogging, ya. Cegah hal tersebut dengan mengenakan sepatu dan pakaian olahraga yang tepat dan nyaman.  

Bermain lompat tali

Apakah si kecil termasuk anak yang sulit diajak berolahraga? Jika ya, coba siasati dengan mengajaknya bermain lompat tali. Baginya, mungkin lompat tali merupakan permainan yang seru. Namun, ternyata permainan ini bisa membantu menjaga kepadatan tulang si kecil. Anda juga bisa memperoleh manfaat ini dengan bermain bersama. Menjaga kesehatan ibu dan anak bisa dilakukan dengan cara yang lebih seru, bukan?

Yoga

Kelenturan tubuh ternyata perlu dilatih juga, lho. Salah satu caranya adalah dengan berlatih yoga. Anda bisa sekaligus mengajak si kecil untuk berlatih yoga bersama. Latihan yang dilakukan secara rutin diharapkan bisa membantu meminimalisir cidera akibat tubuh yang kurang fleksibel. Sebagai contoh, saat membungkuk untuk mengambil benda yang terjatuh, cidera seperti kram otot bisa saja terjadi akibat kelenturan tubuh yang tidak terlatih. Nah, dengan berlatih yoga secara rutin, cidera seperti itu bisa diminimalisir.

Berolahraga bersama si kecil tentu terasa lebih seru jika dibandingkan dengan berolahraga sendiri. Dengan rutin berolahraga bersama, kesehatan ibu dan anak akan selalu terjaga. Anda dan si kecil pun akan semakin akrab dan dekat. Tapi, usai berolahraga, selalu ingatkan si kecil untuk mandi sehat menggunakan sabun anti bakteri agar tubuhnya terbebas dari keringat dan kuman yang mungkin menempel selama berolahraga. Nah, dari keempat jenis olahraga di atas, manakah yang akan Anda coba lakukan bersama si kecil? Selamat berolahraga!

Sumber:

  • kidshealth.org/en/parents/exercise.html
  • fit.webmd.com/kids/move/article/exercise-types

Diakses pada 31 Agustus 2016 

Berbagi artikel ini