3 Langkah Cuci Tangan yang Sering Dilewatkan

Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara termudah dalam mencegah penyebaran kuman penyebab penyakit. Nah, agar manfaat cuci tangan yang sudah dilakukan menjadi lebih optimal, Anda perlu mengikuti langkah cuci tangan yang benar. Ada 7 langkah cuci tangan pakai sabun yang harus Anda lalui agar tangan benar-benar terbebas dari kuman. Namun sayangnya, kebanyakan orang atau bahkan Anda lupa melakukan satu atau beberapa di antaranya. Berikut adalah 3 langkah dalam cuci tangan pakai sabun yang umumnya terlewatkan.

Tidak diawali dengan membasahi tangan

Langkah pertama pada cuci tangan yang biasanya terlewati adalah membasahi tangan dengan air. Saat Anda sedang terburu-buru, memang tahapan cuci tangan yang satu ini akan dengan mudahnya terlewati. Padahal, dengan membasahi tangan terlebih dulu, Anda akan lebih mudah menggunakan sabun. Sabun jadi lebih mudah berbusa sehingga Anda tidak perlu lebih banyak waktu untuk membuatnya berbusa. Selain untuk memudahkan Anda mendapatkan busa sabun, membasahi tangan dengan air dapat membantu membersihkan debu yang menempel di tangan. Karenanya, pastikan untuk biasakan membasahi tangan dengan air terlebih dulu sebelum menggunakan sabun.

Durasi cuci tangan terlalu singkat

Cuci tangan pakai sabun ternyata ada durasinya, lho. Minimal, Anda memerlukan waktu 15-20 detik untuk mencuci tangan. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu yang cukup bagi sabun untuk bekerja membasmi kuman. Nah, agar tangan Anda bersih maksimal, tidak ada salahnya mencuci tangan sesuai durasi yang disarankan, bukan?

Lupa mengeringkan tangan

Ada lagi langkah cuci tangan yang sering kali terlewati, yaitu mengeringkan tangan. Biasanya hal ini terjadi saat seseorang terburu-buru atau tidak tersedianya tisu. Apa pun alasannya, Anda tetap wajib mengeringkan tangan setiap kali selesai cuci tangan. Ingat, tangan yang basah akan lebih rentan terkena kuman kembali. Kuman akan jadi lebih mudah menempel karenanya. Jadi, pastikan untuk selalu mengeringkan tangan usai cuci tangan pakai sabun, ya.

Nah, dari ketiga tahapan cuci tangan yang sering terlewatkan tersebut, manakah yang sering kali Anda lewatkan? Jangan sampai si kecil meniru kebiasaan Anda tersebut, ya. Jadi, mulai sekarang pastikan Anda dan keluarga sudah membiasakan cuci tangan dengan tahapan yang benar tanpa ada satu langkah yang terlewat. Dengan melakukan semua langkah cuci tangan pakai sabun, perlindungan kesehatan bagi Anda dan keluarga pun jadi lebih optimal.

Sumber:

Diakses tanggal 5 Oktober 2015