3 Kegiatan Edukatif untuk Mengisi Libur Idul Adha Bersama Anak

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen yang ditunggu oleh umat Muslim setelah Idul Fitri. Salah satu alasan mengapa Idul Adha selalu ditunggu adalah karena pemerintah memberikan jatah libur satu hari di kalender. Sehingga, Anda pun akan punya lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Nah, agar libur Idul Adha kali ini lebih berkesan, 3 kegiatan berikut bisa Anda coba lakukan untuk mengisi liburan bersama si kecil.

Melihat proses pemotongan hewan kurban

Setelah salat Idul Adha, jangan langsung beranjak meninggalkan masjid atau tanah lapang. Sempatkanlah waktu sejenak untuk melihat prosesi pemotongan hewan kurban. Ajak si kecil ikut serta. Hal ini dilakukan agar ia bisa melihat lebih dekat proses pemotongan hewan kurban sampai pembagian hewan kurban. Sambil menyaksikan proses pemotongan, Anda dapat menjelaskan secara singkat makna di balik ibadah kurban dengan bahasa yang mudah dimengerti anak. Jika perlu, ajak ia ikut serta membantu memasukkan daging kurban ke dalam kantong plastik. Dengan berpartisipasi secara langsung, diharapkan si kecil mampu memahami arti di balik penyembelihan hewan kurban tersebut.

Membagikan daging kurban bersama

Selain menyaksikan peoses pemotongan kurban, momen libur Idul Adha juga bisa Anda isi dengan mengajak si kecil ikut membagikan daging kurban. Hal ini terutama jika Anda berencana menyembelih daging kurban sendiri. Selain membantu mengajarkan si kecil untuk bersosialisasi dengan sesama yang membutuhkan, Anda juga bisa membuatnya tetap aktif bergerak. Cara ini bisa menjadi salah metode untuk menjaga kesehatan anak saat liburan. Namun setelah kegiatan, jangan lupa ajak si kecil untuk mandi dan cuci tangan bersama guna mencegah penyebaran kuman. 

Memasak daging kurban bersama

Memasak daging kurban sepertinya akan terasa lebih seru jika dilakukan bersama si kecil. Jika perlu, biarkan ia yang menentukan menu makanan yang akan dimasak. Selain merangsang daya kreativitas dan kemampuan motoriknya, kegiatan memasak bersama juga dapat membantu menumbuhkan sikap percaya diri dan mandiri pada diri si kecil. Kemandirian dan rasa percaya diri yang cukup tentu akan membantunya kelak saat menjalani kehidupan dewasanya. Tapi, jangan lupa untuk selalu mengingatkan si kecil akan pentingnya cuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah memasak, ya.

Hari libur memang sudah sewajarnya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Ada beragam pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil. Nah, ketiga kegiatan edukatif di atas bisa menjadi ide tepat bagi Anda untuk mengisi libur Idul Adha bersama anak. Dengan adanya pilihan kegiatan tersebut, si kecil bisa tetap aktif sepanjang hari. Anda pun jadi punya banyak waktu untuk mengawasi tumbuh kembangnya dari dekat sambil menjaga kesehatan anak Anda. Selamat mengisi hari libur Idul Adha!

Sumber:

  • family.fimela.com/anak/cerdas-aktif/ide-kreatif-mengisi-liburan-di-rumah-bersama-anak-coba-yuk-130627y-page1.html 
  • parenting.co.id/balita/anak+cerdas+lewat+memasak
  • ayahbunda.co.id/balita-bermain-permainan/aktivitas-seru-mengisi-liburan-- 

Diakses pada 24 Agustus 2016

Berbagi artikel ini