3 Cara Mudah Cegah Gangguan Pencernaan Saat Puasa

Beberapa saat lagi, kita akan kembali berjumpa dengan bulan puasa. Itulah saatnya kita untuk kembali menahan diri dari segala hal yang bersifat buruk, termasuk di antaranya menahan serangan kuman berevolusi yang kini kian mudah menyebabkan penyakit. Puasa tentu akan terasa jauh lebih mudah jika tubuh terhindar dari infeksi kuman, termasuk kuman penyebab gangguan pencernaan. Nah, berikut ada sedikit tips yang bisa Anda coba agar keluarga terbebas dari gangguan pencernaan selama menjalankan ibadah di bulan suci. 

Selektif Memilih Sajian Ramadhan Saat Ramadhan 

Anda tentu harus memilih ragam menu makanan untuk sajian sahur dan berbuka. Nah, jangan lantas Anda tergoda untuk menyajikan segala jenis menu makanan karena gangguan pencernaan bisa menyerang tubuh dan mengurangi kenyamanan Anda dan keluarga dalam beribadah. Solusi mudahnya, hindari makanan yang terlalu asam dan pedas atau makanan dengan kandungan gula dan lemak yang terlalu tinggi, baik untuk hidangan sahur maupun berbuka 

Menjaga Kebersihan Saat Memasak

Makanan bukanlah satu-satunya pemicu gangguan pencernaan saat puasa. Kebersihan dalam proses memasak juga bisa menjadi faktor pemicunya. Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk mencuci setiap bahan makanan yang akan dimasak dengan menggunakan air matang yang mengalir. Bila perlu, gunakan air hangat untuk mematikan kuman atau ulat yang mungkin menempel. Selain itu, pastikan juga bahwa alat-alat memasak yang akan digunakan sudah bersih dan kering sempurna. Jangan lupa juga untuk selalu cuci tangan pakai sabun sebelum memulai proses memasak. Sediakan sabun anti bakteri Lifebuoy Kitchen Fresh di dapur Anda. Lifebuoy Kitchen Fresh mengandung sari jeruk lemon yang ampuh meluruhkan minyak, menghilangkan bau, dan mengusir kuman di tangan. Dengan tangan yang selalu bersih, memasak pun jadi lebih tenang. 

Rajin cuci tangan pakai sabun 

Selama bulan puasa, ancaman kuman berevolusi tetap mengintai. Anda perlu waspada dengan membentengi anggota keluarga untuk membiasakan hidup sehat. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah rajin cuci tangan pakai sabun sebelum berbuka dan sahur. Lakukan hal yang sama saat pulang salat tarawih di masjid. Hal ini dilakukan agar kuman yang terbawa tangan dari luar tidak menyebar di dalam rumah. Jika perlu, gunakan sabun anti bakteri untuk perlindungan ekstra terhadap kesehatan keluarga. 

Serangan kuman dan gangguan penyakit memang tidak bisa dihindari saat puasa. Terutama, kuman yang menyerang sistem pencernaan. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa dicegah. Dengan melakukan 3 tips sederhana di atas, diharapkan Anda dan keluarga dapat tetap terlindungi dari serangan kuman dan gangguan pencernaan berpuasa. Pencernaan sehat, puasa pun bisa tetap nyaman dan lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Sumber:

    webmd.com/digestive-disorders/diarrhea-10/causes-diarrheakidshealth.org/en/parents/diarrhea.html

Diakses pada tanggal 7 April 2016

Berbagi artikel ini