2 Cara Atasi Anak Rewel Saat Silaturahmi Lebaran

Lebaran adalah waktunya bersilaturahmi dengan kerabat dan tetangga terdekat. Anak-anak biasanya paling suka saat diajak bersilaturahmi. Namun, ada kalanya juga mereka rewel sehingga membuat acara silaturahmi jadi kurang nyaman. Nah, untuk mengatasinya, yuk coba terapkan 2 trik berikut saat bersilaturahmi.

Cari tahu alasan anak rewel

Ada beragam penyebab anak tiba-tiba rewel saat silaturahmi. Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Bisa jadi si kecil rewel karena merasa lapar, lelah atau justru bosan. Dengan mengenal tanda-tandanya, Anda dapat mencari solusinya. Jika si kecil mulai memperlihatkan tanda-tanda lapar, coba bujuk dengan penganan yang disajikan tuan rumah. Namun, tetap berikan pengawasan pada si kecil agar ia tak makan berlebihan. Dan, jangan lupa untuk selalu memintanya cuci tangan pakai sabun  terlebih dulu sebelum mencicipi makanan. Hal ini juga dapat membantu menjaga kesehatan anak  saat silaturahmi karena cuci tangan pakai sabun dapat membantu mengurangi risiko infeksi kuman. Namun, jika si kecil mudah merasa bosan, ada baiknya untuk membawa serta benda atau mainan favorit si kecil saat bersilaturahmi. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi merasa stres karena sudah punya solusi agar si kecil tak rewel.

Pertimbangkan jarak rumah yang dikunjungi

Anak-anak biasanya paling tidak tahan jika harus melakukan perjalanan jauh. Nah, pertimbangkan hal ini saat akan bersilaturahmi jika tak ingin si kecil rewel tiba-tiba. Untuk mencegah anak rewel, mulailah silaturahmi dengan berkunjung ke rumah kerabat atau tetangga terdekat lebih dulu. Selain itu, sesuaikan juga waktu dan lama berkunjung. Hindari bersilaturahmi saat tengah hari karena cuaca panas membuat tubuh jadi mudah berkeringat dan memicu biang keringat, khususnya pada anak. Saat mengalami biang keringat atau kepanasan, anak-anak biasanya akan sangat rewel. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk berangkat bersilaturahmi di pagi hari dan usahakanlah untuk tidak terlalu lama saat bersilaturahmi agar si kecil tidak rewel.

 jika Anda kurang waspada. Makanan yang disajikan tuan rumah dan kebiasaan anak-anak yang sering kali lupa cuci tangan pakai sabun sebelum makan bisa jadi penyebabnya. Tetap berikan pengawasan penuh terhadap si kecil selama silaturahmi. Ajak pasangan Anda untuk ikut berpartisipasi memberikan pengawasan. Dengan berbagi pengawasan, mencegah si kecil rewel selama silaturahmi sekaligus menjaganya tetap sehat tentu akan lebih mudah. Sudah siap untuk memulai silaturahmi bersama si kecil kali ini? Semoga silaturahmi Anda bersama keluarga berjalan lancar, ya.penyebab penyakitSilaturahmi bersama anak saat Lebaran memang penuh tantangan. Selain karena kecenderungan anak-anak yang suka rewel, silaturahmi juga bisa jadi perantara  

Sumber:

  • ayahbunda.co.id/balita-psikologi/mengajak-anak-silaturahmi-
  • id.theasianparent.com/tips-mengajak-si-kecil-bersilaturahmi/   

Diakses pada 5 Mei 2016

Berbagi artikel ini