Mengenal Beragam Manfaat Silver dan Air Ion Perak Bagi Kesehatan

Banyak orang yang belum memahami manfaat silver dan air ion perak bagi kesehatan. Padahal, kedua bahan tersebut kini mulai sering digunakan untuk mendukung gaya hidup sehat. Anda tak perlu ragu menggunakan produk-produk kebersihan berbahan dasar silver dan air ion perak. Karena manfaat silver dan air ion perak terbukti aman bagi tubuh.

Fakta Unik Tentang Manfaat Air Ion Perak dan Silver 

Manfaat air ion perak dan silver rupanya bukan lagi hal asing bagi dunia kesehatan. Beberapa fakta berikut ini membuktikan bahwa manfaat kedua bahan tersebut sudah diimplementasikan sejak dulu:

  • Masyarakat Yunani dan Romawi sudah mulai mengenal manfaat silver dan air ion perak sejak zaman dahulu. Kedua bahan ini digunakan untuk mencegah pembusukan makanan. Bahkan penggunaan sendok perak dan koin dimanfaatkan untuk mengawetkan susu. Pemanfaatan silver dan air ion perak mulai berkurang sejak para peneliti menemukan antibiotik pada awal abad ke-20.

  • Masalah kehigienisan filter air kerap terjadi di berbagai tempat, termasuk di rumah sakit. Itulah sebabnya World Health Organization (WHO) menganjurkan penggunaan bahan-bahan silver dan air ion perak untuk proses penyaringan air. Karena kedua bahan tersebut terbukti aman bagi kesehatan dan berpotensi menyingkirkan mikroorganisme yang terkandung pada air.

  • Manfaat air ion perak dan silver juga diaplikasikan pada berbagai peralatan medis, seperti peralatan operasi dan kateter. Pemanfaatan ini akan mendukung kehigienisan tindakan medis. Sehingga risiko perkembangbiakan bakteri yang memicu infeksi pun dapat diminimalkan.

  • Ada beberapa penelitian terbaru yang dilakukan untuk menguji manfaat ion air perak dan silver. Pada tahun 2013, penelitian tentang ion perak dimulai untuk menguji manfaatnya di bidang kedokteran gigi. Hasilnya, perawatan dengan manfaat silver dan air ion perak tersebut dapat mengurangi infeksi saluran akar gigi.

Selain itu, penelitian serupa di Australia juga dilakukan untuk menguji manfaat silver bagi pengidap rheumatoid arthritis. Ternyata manfaat silver ampuh meminimalkan infeksi akibat bakteri pada penyakit rheumatoid arthritis.

Mengenal Manfaat Silver dan Air Ion Perak Lebih Rinci 

Molekul

Dunia kesehatan sudah melakukan banyak penelitian tentang manfaat silver dan air ion perak. Manfaat yang kini banyak diaplikasikan di bidang kesehatan tersebut antara lain:

  • Applied Environmental Microbiology 2010 menyatakan bahwa silver dan air ion perak terbukti ampuh membunuh berbagai virus, terutama virus hepatitis dan polio. Sementara itu, Journal of Nanobiotechnology juga mengungkapkan bahwa silver mampu mencegah proses perkembangan virus HIV dalam tubuh. Proses penyembuhan berbagai penyakit bisa berlangsung maksimal jika silver dan air ion perak dimanfaatkan sebagai anti virus.

  • Silver dan air ion perak terbukti dapat mengikat DNA jamur dan menghentikan perkembangannya. Inilah yang membuat kedua bahan tersebut juga dikenal sebagai anti jamur. Namun Anda tak perlu mengkhawatirkan dampaknya bagi kesehatan manusia. Sebab, silver dan air ion perak terbukti aman bagi manusia walaupun takarannya mencapai 100 hingga 200 kali lipat dari jumlah yang diujicoba pada jamur.

  • Daerah tropis yang kelembapan udaranya tinggi memang menjadi faktor pendukung perkembangbiakan bakteri. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan manfaat silver dan air ion perak. Hal ini disebabkan karena silver dan air ion perak terbukti ampuh mencegah perkembangan bakteri, mulai dari bakteri penyebab pneumonia hingga meningitis.


Mengapa Silver dan Air Ion Perak Ampuh Membasmi Kuman? 

Ketika atom-atom silver bertemu dengan organisme bakteri, maka dinding sel bakteri akan menyerap atom tersebut. Selanjutnya, atom-atom silver akan merusak fungsi metabolik tertentu di dalam sel bakteri. Hal ini menyebabkan sel bakteri tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan kematian. Proses pelemahan sel ini terbukti ampuh pada bakteri dan jenis mikroorganisme lainnya dan tidak berlaku pada sel tubuh manusia. 

Kini, kuman dan bakteri lainnya mulai berevolusi lebih kuat karena pengaruh lingkungan. Polusi dan paparan zat berbahaya di berbagai tempat turut membuat bakteri semakin tahan banting. Jadi, manfaat silver dan air ion perak semakin diperlukan untuk mencegah perkembangbiakan bakteri.

Hal inilah yang menjadi inspirasi bagi Lifebuoy untuk menghadirkan sabun kesehatan keluarga yang mengandung Activ Silver Formula. Formula revolusioner ini melindungi tubuh dari kuman yang telah berevolusi hingga menjadi semakin kuat.

Kesehatan keluarga adalah prioritas, terutama buah hati Anda. Si kecil butuh perlindungan maksimal sebelum dan sesudah beraktivitas. Lebih cermat menjaga kesehatan keluarga mulai dari sekarang menjadi faktor pendukung tumbuh-kembang anak. 

Manfaatkan perlindungan dari produk Lifebuoy baru dengan Activ Silver Formula, agar risiko penyakit akibat bakteri tidak mengintai Anda dan keluarga. Memulai kebiasaan baik demi menjaga kebersihan tubuh berawal dari keluarga. Jangan kalah oleh serangan bakteri dan mikroorganisme lain yang mengganggu kesehatan keluarga.

 

Sumber: 

livestrong.com/article/371142-what-are-the-health-benefits-of-silver-biotics/

aloha.com/magazine/articles/7-surprising-health-benefits-of-silver

onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1472-765X.2009.02648.x/pdf

globalhealingcenter.com/natural-health/6-facts-colloidal-silver-beginners/

Diakses pada: 6 Oktober 2017



TOP