Begini Cara Menghilangkan Mata Merah dan Berair Akibat Iritasi Agar Lekas Sembuh

Ada beragam gangguan kesehatan yang sering dianggap sepele oleh banyak orang, salah satunya adalah mata merah dan berair. Gangguan kesehatan ini biasanya dibiarkan begitu saja. Jika tak diatasi sesegera mungkin, kemungkinan besar fungsi mata menjadi terganggu. Anda pun akan merasa tidak leluasa beraktivitas. Padahal, cara menghilangkan mata merah yang terasa tak nyaman sebenarnya tidak sulit. 

Salah satu gangguan yang sering muncul terhadap mata adalah dari tangan Anda sendiri. Seringkali, tanpa disadari, Anda menyentuh mata dengan tangan yang tidak bersih dan kemudian mengakibatkan gangguan pada mata Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan tangan Anda dengan kebiasaan mencuci tangan.

Mengenal Penyebab Mata Merah dan Berair 

Penyebab mata merah dan berair sangat beragam. Itulah yang menyebabkan Anda sering mengalaminya ketika sedang melakukan aktivitas. Beberapa penyebab yang bisa membuat mata merah bahkan berair antara lain:

  • Alergi

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs All About Vision, alergi merupakan penyebab mata merah dan berair yang paling sering terjadi. Sama seperti organ tubuh lainnya, mata juga akan bereaksi ketika ada benda asing yang mengganggu. Benda asing tersebut bisa berupa debu, serbuk sari dari bunga, bulu binatang, dan zat kimia yang ada di udara. Mata akan memerah dan mulai berair sebagai reaksi untuk mengatasi penyebab alergi (alergen) tersebut.

  • Conjunctivitis

Conjunctivitis adalah radang yang menyerang lapisan terluar kornea. Penyakit ini akan membuat lapisan mata menjadi merah dan terasa mengganjal. Pada umumnya, conjunctivitis kerap terjadi pada anak-anak.

  • Computer Vision Syndrome

Sindrom yang satu ini kerap terjadi pada masyarakat modern. Menatap layar komputer atau gadget terlalu lama akan menyebabkan mata lelah, sehingga mata akan terus berair untuk mempertahankan kelembapannya secara alami. Selain itu, computer vision syndrome juga disertai gejala lain seperti mata merah, pandangan kabur, dan kemampuan jarak pandang berkurang.

  • Iritasi akibat lensa kontak

Anda memang harus hati-hati ketika menggunakan lensa kontak. Karena lensa kontak yang jarang dibersihkan atau kedaluwarsa bisa mengakibatkan mata merah, berair, dan berbagai gangguan lainnya. Pastikan bahwa Anda memilih lensa kontak berkualitas agar terhindar dari iritasi mata.

Cara Menghilangkan Mata Merah yang Praktis dan Efektif 

500 x 335

Jangan khawatir jika mata Anda sedang merah, berair, dan terasa tak nyaman. Cara menghilangkan mata merah sangat mudah. Anda dapat melakukan langkah langkah mudah seperti berikut: 

  • Melepas kacamata, lensa kontak, atau membersihkan kosmetik

Saat mata sedang merah dan berair, sebaiknya Anda segera melepaskan kacamata, lensa kontak, atau membersihkan kosmetik yang melingkupi mata Anda. Jenis kosmetik yang rentan memperparah iritasi mata yaitu maskara, eye shadow, dan eye liner. Dengan melepaskan dan membersihkan benda-benda tersebut, berarti Anda memberi kesempatan bagi mata untuk beristirahat sejenak. Mata akan melakukan proses pemulihan secara alami sehingga lebih cepat sembuh.

  • Menjaga kelembapan mata

Kelembapan mata akan terjaga secara alami jika Anda membatasi aktivitas yang membebani penglihatan. Menatap komputer atau gadget berjam-jam adalah penyebab utama mata merah dan berair. Usahakan agar mata lebih rileks dan bebas dari beban tersebut. Supaya gangguan mata berangsur-angsur sembuh.

  • Mencuci mata dengan cairan pembersih

Untuk menghilangkan debu dan bakteri penyebab gangguan mata, gunakan cairan pembersih khusus. Mata harus direndam selama kurang lebih 30 detik dalam cairan pembersih tersebut. Setelah mencuci mata, pasti Anda merasa lebih nyaman. Karena cairan pembersih mata diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan mata.

  • Menggunakan obat tetes mata yang tepat

Obat tetes mata yang mengandung decongestant dapat mengatasi mata merah dengan cara menghentikan perdarahan ringan pada mata. Sementara itu, obat tetes mata dengan kandungan ketitofen ampuh mengatasi alergi mata akibat benda asing. Kalau Anda memilih obat tetes mata dengan kandungan yang tepat, gangguan mata akan segera teratasi.

  • Memijat mata secara lembut

Otot-otot mata yang tegang bukan hanya menyebabkan mata lelah. Risiko mata merah dan berair pun jadi semakin besar. Luangkan waktu untuk memijat mata secara lembut. Bagian di sekitar kelopak mata dan pelipis harus menjadi fokus utama Anda. Pijatlah secara perlahan-lahan agar tak menyebabkan memar pada mata. 

Kalau Anda ingin memijat mata, tentu saja Anda harus mencuci tangan dengan benar sebelum melakukannya. Siapkan sabun cuci tangan yang berkualitas agar tangan Anda menjadi higienis. Tangan yang kotor hanya akan mengakibatkan gangguan mata semakin parah.

Kebiasaan mencuci tangan juga harus dimulai dari sekarang. Sebab, Anda tentu sering memegang mata secara tak sadar sewaktu beraktivitas. Jangan sampai kebiasaan memegang mata membuat mata Anda jadi rentan terkena iritasi. Alih-alih fokus dengan cara menghilangkan mata merah, alangkah lebih baik bila Anda melakukan upaya pencegahannya.

Mata adalah organ yang sangat penting untuk menunjang kelancaran setiap aktivitas. Jadi, jagalah kesehatan mata secara cermat mulai sekarang. Batasi kegiatan yang bisa membuat kesehatan mata terganggu. Mata yang sehat akan membuat Anda nyaman dan percaya diri saat beraktivitas.

 

Sumber: 

allaboutvision.com/conditions/red-eyes.htm

webmd.com/eye-health/eye-irritation#2

webmd.com/allergies/eye-allergies#2

rd.com/health/conditions/home-remedies-dry-eyes/

Diakses pada: 5 Oktober 2017



TOP