Tetap Sehat Santap Daging Kurban dengan 4 Tips Ini

Banyak yang beranggapan jika saat Idul Adha banyak orang yang jatuh sakit. Anggapan ini muncul akibat meningkatnya beragam keluhan terkait kesehatan yang biasanya muncul setelah Idul Adha, seperti hipertensi dan kolesterol. Penyebabnya tidak lain karena kebiasaan makan berlebih saat Idul Adha, khususnya penganan berupa daging. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, coba pertimbangkan 4 tips berikut.  

Sajikan makanan pendamping

Penganan saat Idul Adha biasanya akan didominasi oleh sajian berbahan daging. Nah, hidangan seperti ini tentu rentan memicu gangguan kesehatan seperti hipertensi dan kolesterol. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Guna menghindari gangguan kesehatan tersebut, sediakan juga makanan pendamping saat menyajikan menu daging. Makanan pendamping berupa tumis sayuran atau salad dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada sajian daging kurban. Selain itu, jangan lupa untuk cuci tangan pakai sabun sebelum makan agar terhindar dari infeksi kuman.

Masak daging dengan cara yang sehat

Cara memasak daging kurban akan sangat menentukan sehat atau tidaknya sajian yang dihasilkan. Nah, hidangan daging tetap sehat, ada baiknya untuk mengolahnya dengan metode rebus atau panggang. Cara ini dianggap lebih sehat karena bisa membantu mencegah penambahan lemak yang berasal dari minyak goreng. Meletakkan daging pada rak pemanggang juga bisa membantu mengurangi kadar lemaknya sehingga risiko hipertensi dan kolesterol dapat diperkecil.

Hilangkan bagian lemak daging

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti hipertensi atau kolesterol tinggi, pertimbangkanlah untuk menghilangkan bagian lemaknya saat mengolah daging kurban. Selain lebih sehat, daging tanpa lemak juga lebih nikmat saat disantap. 

Cari resep sehat untuk mengolah daging

Penganan Idul Adha biasanya berupa gulai kambing, sate dan dendeng yang sarat akan lemak dan kolesterol jahat. Nah, kali ini gantilah resep-resep tersebut dengan resep sajian daging lainnya yang lebih sehat. Anda bisa mencari beragam ide resep dari internet. Namun, pastikan resep olahan daging yang Anda pilih tetap sehat, yakni sajian yang tidak tinggi kalori dan lemak. Resep daging asap dengan salad bisa menjadi salah satu inspirasi resep untuk menu sehat Idul Adha agar keluarga terhindar dari kolesterol dan lemak jahat.

Sajian Idul Adha yang umumnya berbahan daging memang sangat lezat untuk dinikmati bersama keluarga. Namun, apa artinya jika akhirnya justru membuat salah satu anggota keluarga jatuh sakit karena cara memasak yang salah. Keempat tips di atas bisa Anda pertimbangkan guna menghidangkan sajian daging yang sehat. Jangan lupa untuk selalu awali kegiatan makan dengan cuci tangan pakai sabun, mengingat manfaat cuci tangan sebelum makan sangat penting bagi kesehatan keluarga. Dengan selalu cuci tangan pakai sabun sebelum makan, kuman yang mungkin menempel pada tangan dapat disingkirkan sehingga keluarga Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman. Selamat menikmati sajian Idul Adha bersama keluarga!

Sumber: 

  • everydayhealth.com/healthy-recipes/how-to-cook.aspx
  • merdeka.com/gaya/5-makanan-pendamping-ini-ampuh-tangkal-efek-negatif-daging-kambing.html  

Diakses pada 23 Agustus 2016 

Berbagi artikel ini 

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP