Kenali 4 Risiko Penyakit saat Lomba Agustusan

Kenali 4 Risiko Penyakit Saat Lomba Agustusan

Bulan Agustus tahun ini bertepatan dengan datangnya musim kemarau. Artinya, Anda dan keluarga dapat memanfaatkan cuaca cerah di musim kemarau untuk ikut berpartisipasi menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan. Seperti biasa, saat perayaan 17 Agustus, tentu akan ada banyak perlombaan yang diadakan. Namun, tetap waspada akan infeksi kuman saat mengikuti perlombaan, terutama bakteri penyebab penyakit yang kapan pun bisa mengancam kesehatan keluarga Anda. Nah sebagai bentuk pencegahan dini, yuk cari tahu penyakit apa saja yang berisiko menyerang di tengah serunya lomba agustusan. Berikut adalah 4 di antaranya.

1. Flu

Penyakit yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu penyakit yang sering kali diderita, baik saat musim hujan maupun saat musim kemarau. Namun, saat musim kemarau, penyebaran penyakit flu akan menjadi lebih mudah dengan adanya polusi dan debu yang bertebaran. Keduanya bisa menjadi media penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit selama musim kemarau. Risiko penyakit pun semakin meningkat saat Anda dan keluarga aktif mengikuti beragam perlombaan agustusan di tengah-tengah keramaian orang.

2. Iritasi Kulit

Selain penyakit flu, waspadai juga iritasi kulit saat tengah mengikuti lomba agustusan. Kenali perlombaan apa saja yang bisa memicu iritasi kulit seperti gatal-gatal. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pencegahan sebelum perlombaan. Misalnya, Anda dapat melindungi bagian tubuh seperti tangan dan kaki yang berpotensi mengalami iritasi selama perlombaan. Keduanya cenderung lebih sering bergesekan dengan perlengkapan yang digunakan selama lomba, sehingga sangat berisiko terkena iritasi. Untuk mencegah iritasi, Anda bisa mengenakan baju berlengan panjang dan celana panjang.

3. Iritasi Mata

Iritasi mata juga rentan terjadi saat musim kemarau, terutama saat Anda tengah asyik mengikuti lomba agustusan. Di tengah serunya perlombaan, sering kali Anda tidak menyadari adanya debu atau partikel udara lainnya yang masuk ke dalam mata. Dampak yang ditimbulkan akibat masuknya partikel asing tersebut biasanya berupa rasa gatal pada mata. Rasa gatal tersebut akan mendorong Anda untuk mengucek mata dengan tangan. Padahal selama perlombaan, tangan Anda bisa jadi penuh bakteri penyebab penyakit. Nah, agar tidak timbul gangguan kesehatan lain yang lebih serius, akan lebih baik jika Anda segera membasuh mata yang teriritasi dengan air mengalir dan hindari menguceknya dengan tangan.

4. Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan tentu bisa mengurangi kenyamanan Anda saat mengikuti perlombaan menyambut hari kemerdekaan. Namun, gangguan kesehatan yang satu ini memang sering kali tidak bisa dihindari. Debu dan polusi yang terbawa angin saat musim kemarau bisa jadi salah satu pemicu sakit tenggorokan. Gaya hidup yang tidak sehat seperti lupa cuci tangan pakai sabun setelah perlombaan usai dan jajan sembarangan di sela-sela perlombaan juga bisa menjadi pemicunya. Untuk itu, segera ambil langkah preventif dengan memastikan keluarga Anda cuci tangan pakai sabun usai lomba dan mencegah si kecil jajan sembarangan di tempat perlombaan.

Mengikuti beragam perlombaan saat perayaan agustusan memang menyenangkan. Hal ini merupakan salah satu bentuk partisipasi kita sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan. Namun, tetap berikan perlindungan lebih pada keluarga Anda selama mengikuti perlombaan, ya. Jangan biarkan bakteri penyebab penyakit merampas keceriaan mereka di hari kemerdekaan yang semarak. Jika perlu, ajak anggota keluarga lainnya untuk ikut serta melakukan pencegahan penyakit sehingga beban Anda jadi berkurang. Keluarga pun bisa tetap sehat dan ceria. 

Sumber: 

  • acphd.org/communicable-disease/communicable-diseases.aspx
  • livestrong.com/article/88298-top-communicable-diseases/

Diakses tanggal 3 Juli 2016

Berbagi artikel ini

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP