Si Kecil Mulai Bersekolah Jaga Kesehatannya dengan 5 Tips Ini

Si Kecil Mulai Bersekolah? Jaga Kesehatannya dengan 5 Tips Ini

Si kecil mulai bersekolah tahun ini? Jika ya, sudahkah Anda memastikan kesehatannya? Jangan biarkan ia sakit menjelang hari pertamanya di sekolah, ya. Nah, agar si kecil tetap sehat selama musim sekolah, lakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatannya. Ikuti 5 tips berikut guna menjaga kesehatan anak Anda.

Perhatikan nutrisi hariannya

Guna menjaga kesehatan anak menjelang hari pertamanya di sekolah, cobalah awali dengan lebih memerhatikan nutrisi hariannya. Apakah makanan yang ia konsumsi sudah mengandung semua nutrisi yang ia perlukan? Coba siasati dengan menambahkan beragam sayuran hijau seperti bayam, kangkung, selada dan buah guna melengkapi kebutuhan nutrisinya. Perhatikan juga porsi makannya agar tidak berlebihan dan ajak ia cuci tangan pakai sabun setiap sebelum makan.

Kurangi minuman berkafein dan minuman manis

Terlalu banyak minum minuman berkafein dan minuman manis tidak baik efeknya bagi kesehatan si kecil. Untuk itu, batasi konsumsi keduanya, terutama beberapa hari menjelang ia masuk sekolah. Gantilah dengan minuman yang lebih sehat seperti susu dan yoghurt. Cara ini terbukti efektif untuk menjaga kesehatan anak.

Jauhkan dari stres dan rasa cemas berlebih

Anak-anak biasanya merasa cemas menjelang hari pertamanya bersekolah. Cemas yang berlebih tentu tidak baik bagi kesehatannya. Nah, guna menjaga kesehatan anak jelang masuk sekolah, jauhkan ia dari rasa cemas berlebih dan stres. Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan-jalan ke sekolahnya dan menunjukkan kelas yang akan menjadi tempatnya belajar. Anda juga bisa menjelaskan situasi yang akan dialaminya saat masuk sekolah nanti. Bermain sekolah-sekolahan juga bisa membantu si kecil merasa lebih siap dalam menghadapi hari pertama sekolahnya. Beritahukan juga bahwa di sekolah ia akan bertemu teman-teman baru yang bisa diajaknya bermain bersama.

Biasakan hidup bersih

Menjaga kesehatan anak menjelang hari pertamanya kembali ke sekolah juga bisa dilakukan dengan membiasakannya hidup bersih. Biasakan ia mandi minimal 2 kali sehari dan cuci tangan pakai sabun sebelum makan juga usai beraktivitas. Dengan membiasakan hidup bersih sedini mungkin diharapkan anak dapat terhindar dari infeksi kuman dan ia pun tetap sehat.

Tingkatkan daya tubuhnya dengan multivitamin dan vaksin

Pemberian multivitamin pada anak bisa Anda lakukan dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Apalagi, hari pertama kembali ke sekolah bertepatan dengan musim kemarau. Dengan daya tahan tubuh yang baik, si kecil akan terlindungi dari infeksi penyakit. Untuk penyakit tertentu, pemberian vaksin pada anak secara berkala juga disarankan guna mencegah infeksi penyakit, seperti penyakit flu, meningitis dan sebagainya.

Hari pertama masuk sekolah adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh para murid. Untuk itu, jangan biarkan gangguan kesehatan sekecil apa pun merusak hari tersebut. Lakukan kelima tips di atas untuk menjaga si kecil tetap sehat jelang hari pertamanya di sekolah. Bagikan tips sehat di atas pada orang tua lainnya juga, ya, agar semakin banyak anak yang bisa merasakan manfaatnya. Semoga membantu. 

Sumber: 

  • huffingtonpost.com/entry/10-tips-to-stay-healthy-i_b_859195
  • cdc.gov/features/collegehealth/

Diakses tanggal 7 Juli 2016

Berbagi artikel ini

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP