Anak Siap Kembali ke Sekolah dengan 6 Tips Ini

Anak Siap Kembali ke Sekolah dengan 6 Tips Ini

Libur semester telah usai. Kini saatnya si kecil kembali sekolah. Sudah siapkah ia untuk kembali bersekolah? Pastikan Anda sebagai orang tua sudah menyiapkan segala kebutuhannya dengan baik, termasuk masalah kesehatan anak. Selain masalah kesehatan, ada beberapa hal penting lainnya yang juga perlu Anda siapkan. Berikut adalah 6 di antaranya.

Tidur lebih awal malam sebelumnya

Hari pertama masuk sekolah hendaknya bisa lebih awal dari biasanya. Hal ini dilakukan agar si kecil tidak terlambat masuk ke sekolah. Selain itu, datang lebih awal juga memberinya waktu untuk bisa beradaptasi lagi dengan lingkungan dan teman-temannya di sekolah setelah libur panjang. Nah, agar ia bisa berangkat lebih awal, Anda bisa menyiasatinya dengan mengajaknya tidur lebih awal malam sebelumnya. Selain bisa membantu bangun lebih awal, tidur yang berkualitas dan cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan anak.

Sarapan dengan menu bergizi

Awal masuk sekolah perlu energi positif agar anak termotivasi. Energi positif yang diperlukan bisa Anda berikan melalui sarapan yang bergizi sebelum berangkat ke sekolah. Anda bisa menyiapkan semangkuk sereal dan segelas susu favoritnya untuk sarapan si kecil. Selain bisa membantu memberikan energi positif di hari pertamanya kembali ke sekolah, sarapan bergizi juga bisa membantu menjaga kesehatan anak. Namun, jangan sampai lupa mengingatkannya untuk cuci tangan pakai sabun sebelum sarapan, ya, agar kuman di tangannya tak ikut masuk ke dalam tubuh.

Antar anak ke sekolah

Mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya kembali ke sekolah bisa sangat berarti untuk si kecil. Ia jadi lebih termotivasi untuk bersekolah karena ia tahu orang tuanya memberinya dukungan penuh. Meski terkesan sepele, upayakanlah hal ini guna memberikan dukungan terhadap si kecil.

Ingatkan akan teman-temannya di sekolah

Anak-anak biasanya enggan kembali ke sekolah setelah libur panjang. Atasi masalah ini dengan mengingatkannya akan teman-temannya di sekolah. Beritahu ia bahwa dengan kembali ke sekolah, ia akan bertemu dengan teman-teman sehingga ia bisa bercanda dan bermain kembali dengan mereka. Cara ini terbukti ampuh mengatasi rasa enggan anak untuk kembali ke sekolah.

Cari tahu masalah di sekolah jika anak enggan bersekolah

Jika si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda enggan masuk sekolah, coba cari tahu apa masalahnya. Bisa jadi ia enggan masuk sekolah karena salah satu temannya kurang menyenangkan. Atau, bisa jadi guru kelasnya galak, sehingga ia merasa takut untuk kembali ke sekolah. Guna menemukan solusinya, Anda bisa menghubungi pihak sekolah atau teman dekatnya.

Beri pemahaman akan pentingnya pendidikan di sekolah

Jika si kecil tetap enggan atau malas diajak kembali ke sekolah, coba beri ia pemahaman akan pentingnya pendidikan di sekolah. Beri ia pemahaman bahwa pendidikan di sekolah akan sangat bermanfaat untuk bekal hidupnya di masa depan nanti. Lakukan cara ini secara bertahap sehingga diharapkan si kecil bisa memahaminya dengan baik dan mau kembali bersekolah.

Hari pertama masuk sekolah memang sering kali menjadi momok bagi beberapa anak dan orang tua. Jangan biarkan hal ini terjadi mengingat pendidikan di sekolah sangatlah penting untuknya. Nah, guna memotivasinya untuk kembali ke sekolah, cobalah keenam tips di atas. Semoga membantu.

Sumber:

  • kidshealth.org/en/parents/back-school.html
  • healthychildren.org/English/news/Pages/Back-to-School-Tips.aspx?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C2888776817

Diakses pada 5 Juli 2016

Berbagi artikel ini

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP