6 Tips Mudah Mencegah Pilek dan Flu

6 Tips Mudah Mencegah Pilek dan Flu

Apakah Anda sering menderita akibat pilek atau flu? Kedua penyakit ini memang seolah sudah menjadi penyakit yang sangat umum. Semua orang pernah mengalaminya, tanpa terkecuali. Kendati tergolong penyakit ringan, kehadirannya tetap dapat mengganggu aktivitas. Bahkan, tak jarang sebagian orang terpaksa meninggalkan rutinitasnya karena sedang dlu atau pilek.  Nah, agar Anda tak perlu lagi merasa terganggu dan tersiksa akibatnya, yuk cari tahu cara mencegah pilek dan flu. Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

Rajin cuci tangan pakai sabun

Jangan pernah menyepelekan manfaat kesehatan dari cuci tangan pakai sabun. Meski terkesan simpel, kebiasaan baik yang satu ini terbukti ampuh dalam hal mencegah pilek dan flu. Apalagi, vaksin flu ternyata tidak 100% ampuh melindungi Anda dari flu, pilek, dan batuk, karena evolusi kuman yang kian hari semakin cepat dan kuat. Nah, daripada harus terus terusan membiarkan virus menginfeksi tubuh, segera biasakan diri Anda dan keluarga untuk cuci tangan pakai sabun. Lakukan sesuai petunjuk cuci tangan yang benar dengan durasi minimal 20 detik untuk memperoleh perlindungan terbaik. Aktivitas sederhana yang dilakukan rutin setiap sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan saat mandi ini terbukti mampu mengurangi risiko infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk flu dan pilek.

Olahraga rutin

Jangan pernah malas berolahraga karena manfaatnya segudang bagi kesehatan. Salah satunya dalam hal mencegah pilek dan flu. Jenis olahraga yang disarankan dalam hal ini adalah senam aerobik. Senam aerobik, jika dilakukan dengan baik, maka akan membantu mengoptimalkan detak jantung. Hal ini memberikan pengaruh positif, yaitu meningkatnya sel-sel yang bertugas untuk membunuh virus penyebab penyakit. Kendati demikian, bukan berarti jenis olahraga lainnya tidak memberikan manfaat bagi kesehatan. Kalaupun Anda tidak melakukan senam aerobik, Anda bisa memilih jenis olahraga lainnya seperti jogging atau bersepeda. Lakukan secara rutin selama 30 menit setiap hari untuk hasil yang lebih optimal.

Hindari merokok dan asap rokok

Tentu semua orang tahu bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan. Bahkan, menghirup asapnya saja tidak dianjurkan. Asap rokok dapat mengurangi kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih rentan terinfeksi virus pilek, flu, dan penyakit lainnya. Sementara itu, rokok juga dapat membuat saluran di dalam hidung menjadi kering dan membuat bulu-bulu halus yang ada dalam rongga hidung dan paru paru mengalami penurunan fungsi. Padahal, fungsi bulu-bulu halus tersebut sangatlah penting, yaitu untuk menghalau virus yang masuk melalui hidung. Bahkan, para ahli medis mengatakan bahwa sebatang rokok saja bisa mengurangi fungsi bulu-bulu halus tersebut sampai 30 menit. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menjauhi rokok dan asapnya guna mencegah pilek, flu, dan penyakit lainnya.

Jauhi stres

Menjauhi stres adalah cara paling mudah berikutnya untuk mencegah pilek. Dengan menjauhi stres, sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat. Namun sayangnya, bagi Anda yang tinggal kota-kota besar seperti Jakarta, faktor-faktor penyebab stres tentu sulit dihindari. Dengan mengetahui hal ini, cobalah untuk memotivasi diri Anda agar sebisa mungkin mengurangi stres. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres adalah teknik relaksasi selama 30 menit yang dilakukan setiap hari. Selain dengan teknik relaksasi, menjalani hobi atau melakukan hal-hal yang disukai juga dapat membantu mengurangi stres dengan mudah. Saat stres berkurang, risiko terkena pilek pun dapat ditekan.

Tambah asupan vitamin dengan makanan sumber phytochemical

Mencegah flu dan pilek salah satunya dapat dilakukan dengan menambah asupan vitamin harian Anda. Untuk mencegah pilek, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan phytochemical, yaitu aneka buah dan sayuran. Phytochemical berperan mengoptimalkan fungsi vitamin yang terkandung di dalam makanan yang Anda konsumsi. Efeknya, tentu saja tubuh jadi lebih sehat. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat juga bisa membantu Anda terhindar dari beragam penyakit, termasuk di antaranya pilek dan flu. Untuk itu, segera masukkan sayuran dan buah-buahan ke dalam menu harian Anda dan keluarga.

Kenakan masker

Virus penyebab pilek dan flu mudah sekali menyebar di tempat-tempat umum yang ramai, seperti sekolah, terminal, dan pusat perbelanjaan. Jika Anda tidak dapat menghindari tempat-tempat ramai tersebut, lindungi diri dengan masker dan hand sanitizer. Gunakan masker selama berada di tempat-tempat umum dan gunakan sanitizer untuk mencegah tangan terinfeksi kuman setelah melakukan kontak dengan orang lain atau fasilitas umum. Dengan cara ini, diharapkan Anda bisa memperoleh perlindungan lebih terhadap infeksi virus penyebab pilek dan flu.

Meski sederhana, sakit pilek atau flu bisa sangat mengganggu. Namun, jangan khawatir, karena sekarang Anda bisa mencegah pilek dengan mudah. Lakukan keenam tips di atas untuk mendapatkan perlindungan terbaik melawan infeksi virus penyebab flu dan pilek. Jangan lupa, bagikan tips ini kepada orang-orang terdekat atau kerabat Anda yang membutuhkan agar lebih banyak lagi orang yang terhindar dari pilek. Tetap semangat berbagi sehat dan semoga tipsnya membantu.

Sumber: 

  • webmd.com/cold-and-flu/11-tips-prevent-cold-flu
  • mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/basics/prevention/con-20035101  

Diakses pada  15 Juni 2016

Berbagi artikel ini

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP