6 Cara Aman Hilangkan Gatal pada Tubuh

6 Cara Aman Hilangkan Gatal pada Tubuh

Pernah merasa terganggu akibat rasa gatal yang tiba-tiba menyerang? Siapa pun tentu pernah mengalami hal umum tersebut, tanpa terkecuali Anda. Rasa gatal yang datang tiba-tiba memang sangat mengganggu. Akan lebih buruk jika gatal muncul di saat momen-momen penting. Nah, agar Anda tak perlu lagi merasa terganggu akibat gatal, coba ikuti 6 cara menghilangkan gatal berikut yang sudah dirangkum untuk Anda.

1. Usap perlahan pada bagian yang terasa gatal

Mengusap area kulit yang terasa gatal merupakan cara menghilangkan gatal termudah yang bisa Anda coba. Dengan mengusap area yang gatal, Anda akan merasa lebih nyaman. Selain itu, usapan lembut juga dapat membantu meringankan rasa gatal yang timbul tanpa melukai tubuh Anda. Dibanding menggaruk, mengusap lembut area yang gatal lebih disarankan untuk dilakukan.

2. Ganti pakaian Anda dengan pakaian lain yang tidak memicu gatal

Pakaian yang Anda kenakan bisa jadi salah satu pemicu rasa gatal yang tiba-tiba muncul dan mengganggu. Untuk itu, berikan perhatian lebih terhadap jenis atau bahan pakaian yang akan dikenakan. Hal ini terutama jika Anda berencana menghadiri acara yang sifatnya penting. Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan wol dan bahan lain yang tidak mampu menyerap keringat. Pilihlah bahan pakaian lain yang bisa mencegah timbulnya gatal seperti bahan katun. Cara menghilangkan gatal yang satu ini terbukti ampuh mencegah gatal muncul.

3. Ganti kosmetik, sampo atau sabun Anda

Bahan pakaian yang Anda kenakan bukanlah satu-satunya penyebab rasa gatal. Perlu diketahui juga bahwa bahan yang terkandung dalam kosmetik, sampo dan sabun mandi Anda juga berisiko menjadi penyebab gatal. Maka dari itu, coba cari tahu bahan apa saja yang terkandung di dalam produk-produk yang Anda gunakan. Apakah ada salah satu yang bisa memicu gatal atau bahkan alergi? Jika ya, segera ganti dengan produk lain yang berbahan lebih lembut dan ringan sehingga Anda tak perlu lagi merasa terganggu akibat rasa gatal yang tiba-tiba muncul. Namun, cara menghilangkan gatal yang satu ini memerlukan kejelian, mengingat Anda tentu tidak hanya menggunakan satu produk dalam waktu yang bersamaan.

4. Pertimbangkan untuk mandi dengan air dingin

Saat rasa gatal muncul dan mulai mengganggu kenyamanan Anda, segeralah mandi. Namun, jangan lantas memutuskan untuk menggunakan air hangat saat mandi. Mandi dengan air hangat hanya akan membuat gatal semakin parah. Hal ini terjadi karena air hangat membuat suhu tubuh meningkat. Peningkatan suhu tubuh membuat rasa gatal semakin memburuk. Sebagai alternatif, mandilah dengan air dingin dalam waktu tidak lebih dari 20 menit. Selain dapat membantu melancarkan peredaran darah, mandi dengan air dingin juga dipercaya mampu mengurangi rasa gatal. Untuk itu, coba lakukan cara menghilangkan gatal yang satu ini agar rasa gatal segera lenyap dari tubuh Anda. Saat mandi, gunakan sabun antibakteri seperti Lifebuoy Bodywash. Formulanya yang dirancang khusus dapat membantu membasmi bakteri pada tubuh, termasuk bakteri pemicu gatal.

5. Oleskan salep atau bedak gatal untuk mengurangi rasa gatal

Gatal belum teratasi dengan keempat cara menghilangkan gatal sebelumnya? Jangan khawatir. Cobalah cara lain, yaitu dengan mengoleskan salep. Salep ini biasanya dijual bebas di apotek. Namun, tetap ikuti petunjuk pemakaiannya terlebih dulu, ya. Hal ini dilakukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain salep, Anda juga bisa menggunakan bedak gatal untuk mengurangi rasa gatal. Sama halnya dengan salep, bedak gatal umumnya menghilangkan gatal dengan cara memberikan rasa dingin pada kulit. Rasa dingin yang ditimbulkan setelah penggunaan keduanya dapat segera membantu memberikan rasa nyaman pada Anda. Upaya ini juga diharapkan dapat mencegah Anda menggaruk area yang gatal.

6. Segera minta bantuan dokter jika gatal tetap berlanjut

Jika kelima cara menghilangkan gatal di atas belum juga memberikan hasil yang baik, lantas cara apa yang perlu ditempuh? Segeralah menghubungi dokter keluarga Anda untuk penanganan lebih lanjut. Hal ini guna mengetahui kemungkinan adanya gangguan kesehatan lain yang Anda alami. Perlu diketahui bahwa gatal yang tidak kunjung reda bisa menjadi pertanda awal gangguan pada organ ginjal. Gatal yang tidak kunjung hilang juga bisa menjadi pertanda leukemia dan gangguan tiroid. Untuk mengetahuinya tentu diperlukan bantuan ahli medis agar Anda bisa memperoleh penanganan yang lebih tepat.

Gatal yang tiba-tiba muncul memang sering kali mengganggu. Namun, munculnya rasa gatal sendiri tidak bisa dihindari, mengingat ada banyak faktor yang bisa memicunya. Kendati demikian, gatal tetap bisa diminimalisir agar kehadirannya tidak sampai mengganggu aktivitas harian Anda. Anda bisa meminimalisir rasa gatal yang dialami dengan mencoba cara-cara menghilangkan gatal di atas. Jika rasa gatal tidak kunjung hilang setelah mencobanya, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter. Kunjungan ke dokter dapat membantu Anda mendeteksi dini apabila terdapat gangguan kesehatan lain yang lebih serius sehingga penanganan tepat pun dapat segera dilakukan. Selanjutnya, jangan lupa untuk membagikan cara menghilangkan gatal di atas pada anggota keluarga lainnya, ya. Semoga membantu! 

Sumber: 

  • alodokter.com/risiko-penyakit-serius-di-balik-gatal
  • medicinenet.com/itch/article.htm
  • patient.info/health/prickly-heatheat-rash-miliaria

Diakses pada 14 Juni 2016

Berbagi artikel ini 

Biang Keringat

Biang Keringat

Biang keringat ringan dapat diobati dengan obat penghilang gatal dan bedak dingin

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

Total 10 Kuman Melindungi Sabun Cair

Sabun Cair Total 10 Kuman Melindungi

Total 10 Kuman Melindungi Sabun Cuci Tangan

Sabun Cuci Tangan Total 10 Kuman Melindungi

TOP