Kenali Lebih Jauh Gatal pada Anak untuk Penanganan yang Lebih Baik

Kenali Lebih Jauh Gatal pada Anak untuk Penanganan yang Lebih Baik

Gatal pada anak merupakan gangguan kesehatan ringan yang sering kali terjadi, terutama pada si kecil yang tengah memasuki fase aktif bergerak. Namun, jangan lantas menyepelekannya, terutama jika gatal terus berlanjut setelah diberikan penanganan. Jika kondisinya demikian, bisa jadi gatal yang dialami merupakan pertanda gangguan kesehatan lainnya. Nah, guna memastikannya, mari cari tahu lebih lanjut apa itu gatal pada anak, apa saja gejala dan penyebabnya, dan bagaimana cara mencegah serta mengatasinya melalui artikel berikut.

Penyebab gatal pada anak

Ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicu gatal pada anak. Penyebab yang paling sering ditemui adalah gigitan serangga. Penyebab lainnya meliputi kondisi kulit yang terlalu kering, alergi, iritasi, infeksi kuman, dan kondisi psikologis. Kulit yang terlalu kering dapat memicu timbulnya gatal pada anak. Hal ini umumnya terjadi akibat kelembapan udara yang rendah dan berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama. Sementara itu, gatal yang disebabkan oleh alergi dan iritasi biasanya terjadi akibat penggunaan kosmetik, sabun, makanan, dan bahan pakaian tertentu. Selain itu, gatal pada anak juga bisa dipicu oleh infeksi kuman di daerah lipatan kulit, seperti ketiak dan selangkangan. Biasanya, hal ini terjadi akibat munculnya keringat yang kemudian membuat kuman betah berlama-lama di kulit si kecil. Sedangkan penyebab gatal karena faktor psikologis umumnya meliputi rasa cemas dan depresi yang dipercaya mampu memicu timbulnya gatal pada anak. Untuk itu, Anda perlu mewaspadai semua kemungkinan penyebab gatal pada anak guna memperoleh penanganan yang tepat. Semakin cepat gatal pada si kecil diatasi, maka dampaknya dapat dihindari.

Gejala gatal pada anak

Gejala gatal pada anak sebenarnya dapat dengan mudah terlihat. Gejala gatal yang bersifat ringan umumnya menyebabkan si kecil menjadi tidak nyaman. Gejala ini kemudian akan diikuti dengan gerakan tangannya yang menggaruk area kulitnya yang terasa gatal. Pada kasus gatal tingkat lanjut, biasanya akan muncul ruam-ruam di kulit. Area kulit yang gatal juga biasanya berwarna kemerahan. Nah, jika kondisinya demikian, akan lebih baik jika Anda segera membawa si kecil ke dokter guna meringankan gejala sekaligus mengatasinya.

Tips mencegah gatal pada anak

Sebelum gatal menyerang, intip tips mencegah gatal pada anak berikut ini.

  1. Jaga agar kulit si kecil tetap lembap. Jika perlu, berikan losion, terutama jika Anda menggunakan AC di rumah.
  2. Beri perhatian lebih pada bahan pakaian yang akan digunakan. Pastikan bahannya nyaman sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit yang kemudian memicu gatal pada anak.
  3. Cek apakah si kecil alergi terhadap bahan tertentu yang ada dalam kosmetik, sabun, deterjen dan obat yang Anda sediakan di rumah. Jika ya, segera cari alternatifnya guna mencegah gatal pada anak. 
  4. Sebisa mungkin jaga mood si kecil dan jauhkan ia dari stres dan rasa cemas agar gatal pada anak bisa dihindari.
  5. Mandikan si kecil secara rutin, terutama saat cuaca panas. Gunakan sabun antibakteri seperti Lifebuoy Bodywash untuk membasmi bakteri pemicu gatal pada anak.  Penggunaan sabun anti bakteri diyakini mampu membasmi bakteri Staphylococcus epidermidis yang menjadi pemicu gatal pada anak.

Tips agar gatal pada anak tidak memburuk

Jika gatal pada anak terlanjur menyerang si kecil, jangan lantas langsung panik. Pastikan untuk melakukan keempat hal berikut agar gatal yang diderita si kecil tidak semakin parah atau justru memicu gangguan kesehatan lainnya.

  1. Pastikan kukunya sudah dipotong rapi agar tidak memicu timbulnya luka akibat menggaruk bagian kulitnya yang terasa gatal.
  2. Berikan nasihat pada si kecil untuk tidak menggaruk bagian kulitnya yang gatal. Ajari ia untuk mengusapnya guna mencegah timbulnya luka.
  3. Ajak si kecil untuk mandi dengan air dingin karena air dingin mampu meredam rasa gatal yang timbul. Air dingin juga dipercaya bisa membantu mengurangi rasa gatal pada anak.
  4. Awasi makanan si kecil. Sebisa mungkin cegah ia mengonsumsi makanan pedas dan minuman yang berkafein. Keduanya hanya akan memperburuk gatal pada anak.

Cara menangani gatal pada anak

Gatal pada anak sebaiknya tidak dianggap remeh. Penanganan yang tepat tetap perlu dilakukan guna memberikan rasa nyaman pada si kecil sekaligus mengatasi rasa gatal yang mendera. Untuk mengatasi kasus gatal yang ringan, berikan bedak dingin atau losion pada daerah kulit si kecil yang terasa gatal. Cara ini terbukti efektif. Sedangkan untuk menangani kasus gatal tingkat lanjut, penggunaan obat pereda gatal bisa dilakukan. Namun, tentu saja penggunaannya harus disertai dengan resep dan petunjuk dokter. Apabila gatal tetap berlanjut, segeralah ajak si kecil ke dokter untuk penanganan yang lebih baik.

Gatal memang sangat umum terjadi, tidak hanya pada anak-anak, tetapi juga pada orang dewasa. Namun perlu diketahui bahwa beberapa kasus gatal bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan lain yang lebih serius, seperti gangguan ginjal. Dengan mengetahui penyebab, gejala, cara mencegah dan cara menangani gatal pada anak, Anda diharapkan bisa melakukan yang terbaik agar si kecil bisa terhindar dari gatal. Pemahaman yang cukup mengenai gatal pada anak tentunya akan sangat membantu Anda guna mengupayakan penanganan yang terbaik untuk si kecil.

Sumber: 

  • alodokter.com/risiko-penyakit-serius-di-balik-gatal
  • medicinenet.com/itch/article.htm
  • patient.info/health/prickly-heatheat-rash-miliaria

Diakses pada 14 Juni 2016

Berbagi artikel ini 

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP