Beragam Fakta Menarik Seputar Manfaat Mandi dan Waktu Mandi yang Baik_

Beragam Fakta Menarik Seputar Manfaat Mandi dan Waktu Mandi yang Baik

Pernahkah Anda berpikir tentang kapan waktu mandi yang baik? Sebagian dari Anda mungkin pernah berpikir akan hal ini. Namun, kebanyakan belum menemukan jawabannya. Nah, agar tidak penasaran, yuk coba cari tahu kapan waktu terbaik untuk mandi beserta tips dan manfaat mandi bagi kesehatan yang sudah dirangkum untuk Anda berikut ini.

Kapan waktu mandi yang baik menurut medis?

Mandi disarankan untuk dilakukan setidaknya 2 kali sehari. Waktu yang paling ideal untuk mandi adalah pagi setelah bangun tidur dan sore hari usai beraktivitas. Namun, apakah hal ini berarti bahwa Anda tidak boleh mandi di malam hari? Umumnya, orang berpendapat bahwa mandi di malam hari itu tidak baik untuk kesehatan, terutama karena dapat menyebabkan penyakit rematik. Benarkah demikian? Menurut dr. Adithia Kwee, ternyata hal tersebut hanyalah mitos belaka. Mandi di malam hari tidak ada kaitannya sama sekali dengan penyakit rematik. Menurut pemaparannya, rematik adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh kelainan genetik. Mandi dengan air hangat di malam hari justru dapat memberikan berbagai manfaat.

Manfaat mandi pagi

Banyak orang yang malas mandi pagi. Padahal, ada banyak manfaat mandi pagi bagi kesehatan. Salah satunya adalah membantu membuang keringat dan kuman penyebab penyakit. Perlu diketahui, saat tidur di malam hari, tubuh mengeluarkan keringat. Jika keringat yang menempel pada tubuh Anda tidak segera dibersihkan, kuman dapat berkembangbiak dengan mudah. Selain menyebabkan bau badan, kuman yang dibiarkan berkembang pada tubuh juga dapat meningkatkan risiko infeksi. Mandi dengan air dingin secara teratur di pagi hari juga dapat membantu merangsang kelenjar getah bening untuk menghasilkan lebih banyak sel-sel kekebalan tubuh yang dapat melawan infeksi. Dengan kata lain, rajin mandi setiap pagi, terutama dengan air dingin, dapat membantu Anda terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh infeksi kuman. Selain itu, mandi di pagi hari juga bisa berfungsi sebagai mood booster agar Anda lebih semangat menjalani rutinitas.

Manfaat mandi sore dan malam hari

Selain di pagi hari, mandi juga dapat dilakukan di sore atau malam hari usai beraktivitas. Keduanya sangat penting untuk membantu tubuh kembali segar. Jika sudah demikian, Anda tentu akan merasa lebih nyaman. Selain itu, sama halnya dengan mandi pagi, manfaat mandi sore atau malam hari juga dapat membantu menghilangkan keringat, kuman, polusi, dan kotoran lainnya yang menempel pada tubuh Anda. Bagi Anda yang mempunyai masalah sulit tidur, cobalah siasati dengan mandi air hangat terlebih dulu sebelum tidur. Menurut Christopher Winter, M.D., dari the American Academy of Sleep Medicine, suhu tubuh naik saat mandi dengan air hangat dan akan segera kembali normal begitu selesai mandi. Penurunan suhu tubuh yang terjadi dengan cepat ini dipercaya dapat memicu rasa kantuk. Manfaat mandi malam dengan air hangat selanjutnya adalah membantu mengatasi stres. Sebelum mandi, tambahkan beberapa tetes minyak lavender pada air. Cara ini terbukti dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh dan mengurangi hormon kortisol yang menjadi penyebab stres. Berendam dan mandi dengan air hangat juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Tips mandi

Setelah mengetahui beragam manfaat mandi dan kapan waktu mandi yang baik, Anda juga perlu mengetahui tips mandi berikut agar rutinitas mandi Anda lebih aman dan menyenangkan.

  1. Gunakan sabun yang tepat. Untuk mendapatkan perlindungan terbaik terhadap infeksi kuman, Anda dapat menggunakan sabun anti bakteri seperti Lifebuoy Bodywash.
  2. Pasang filter pada keran agar air yang akan Anda gunakan untuk mandi terbebas dari partikel berbahaya seperti kuman dan debu.
  3. Gunakan air dengan suhu yang tepat, yakni mendekati suhu tubuh normal. Hindari menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jika perlu, tes suhu air terlebih dahulu sebelum mandi dengan mencelupkan pergelangan tangan atau siku.
  4. Tambahkan beberapa tetes coconut oil atau minyak esensial lain pada air yang digunakan untuk mandi guna menjaga kelembapan kulit Anda.
  5. Keringkan tubuh dengan handuk setelah mandi. Lakukan dengan lembut, bukan dengan cara menggosok agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Mandi memang sudah menjadi rutinitas yang tidak boleh ditinggalkan. Namun, sayangnya masih banyak yang belum menyadari akan manfaat mandi sehingga sering kali mandi dilakukan secara asal-asalan, terutama saat tergesa-gesa. Nah, agar ritual mandi Anda bisa memberikan manfaat yang optimal, coba luangkan waktu dan lakukan kelima tips mandi di atas. Perhatikan juga kapan waktu mandi yang baik, agar tubuh Anda tetap sehat. Ajarkan juga kebiasaan baik ini pada anggota keluarga lainnya ya, agar mereka juga memperoleh manfaat kesehatan dengan mandi secara teratur. 

Sumber:

  • thehealthsite.com/diseases-conditions/top-11-reasons-you-need-to-bathe-everyday-sh214/
  • medicaldaily.com/benefits-cold-showers-7-reasons-why-taking-cool-showers-good-your-health-289524
  • dailymail.co.uk/health/article-156070/The-good-bath-guide.html
  • greatist.com/grow/best-time-to-shower
  • thealternativedaily.com/5-reasons-take-bath/
  • klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/mandi-malam-rematik-tidak-berhubungan

Diakses pada 11 Juni 2016

Berbagi artikel ini 

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP