5 Tips Menghilangkan Bau Badan yang Mungkin Belum Pernah Anda Coba

5 Tips Menghilangkan Bau Badan yang Mungkin Belum Pernah Anda Coba

Pernahkah Anda merasa minder karena bau badan? Sebagian orang, terutama mereka yang memiliki kelenjar keringat yang sangat aktif, mungkin pernah mengalaminya. Karena masalah tersebut, tak sedikit orang yang sampai rela menempuh beragam cara hanya untuk mengusir bau badan tersebut. Sementara itu, hasil yang didapat sering kali jauh dari harapan. Bukannya lenyap, bau badan justru menjadi lebih parah dari sebelumnya. Jika hal ini menimpa Anda, jangan lantas berkecil hati. Yuk, coba dulu ikuti 5 tips menghilangkan bau badan berikut yang mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya.

1. Tips menghilangkan bau badan dengan cuka, alkohol dan hidrogen peroksida

Tips menghilangkan bau badan pertama yang bisa Anda coba adalah mengoleskan sedikit cuka, alkohol atau hidrogen peroksida pada ketiak. Cuka memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar pH pada kulit. Saat kadar pH kulit menurun, sifat kulit menjadi lebih asam. Kondisi ini membuat bakteri sulit untuk bertahan hidup, sehingga bau badan bisa diatasi dengan baik. Namun, tetap perhatikan cara penggunaannya ya, agar kulit tidak bereaksi berlebihan. Pastikan tidak terdapat luka pada kulit ketiak saat akan menggunakan cuka.

Sama halnya dengan cuka, alkohol juga ampuh dalam hal membasmi bakteri penyebab bau badan. Oleskan sedikit alkohol pada ketiak setelah mandi untuk membantu menghilangkan bau badan tidak sedap. Sebagai alternatif alkohol, Anda juga bisa menggunakan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida merupakan salah satu oksidator yang sifatnya kuat. Sifat inilah yang membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai disinfektan atau cairan pembersih.

2. Tips menghilangkan bau badan dengan baking soda

Berbicara mengenai tips menghilangkan bau badan, Anda mungkin belum pernah mencoba menggunakan baking soda. Padahal, salah satu bahan pembuat kue ini terbukti ampuh dalam hal mengatasi bau badan yang kurang sedap. Baking soda mampu menyerap kelembapan kulit yang biasanya disukai oleh bakteri untuk berkembang biak. Selain menyerap kelembapan kulit, baking soda juga dapat membantu membasmi bakteri penyebab bau badan. Jika di dapur Anda terdapat baking soda, tak ada salahnya untuk mengaplikasikannya pada ketiak agar bau badan segera teratasi. Caranya, campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada ketiak. Tunggu 15-20 menit sebelum dibilas.

3. Gunakan tea-tree oil, lavender atau peppermint sebagai alternatif deodorant

Tips menghilangkan bau badan selanjutnya yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah penggunaan minyak tea-tree, lavender atau peppermint. Ketiganya bisa Anda gunakan sebagai pengganti deodorant. Tea-tree oil memiliki aroma yang khas. Ia juga dikenal mampu membasmi bakteri, khususnya pemicu bau badan tidak sedap. Sebelum mengaplikasikan tea-tree oil, pastikan terlebih dulu tidak ada bagian kulit ketiak yang terluka. Atau lakukan tes untuk mengetahui kulit Anda alergi terhadapnya atau tidak.

Jika ternyata kulit Anda alergi terhadap tea-tree oil, Anda masih bisa mengaplikasikan minyak esensial yang berasal dari lavender atau peppermint sebagai pengganti deodorant. Aroma yang khas dan menenangkan dari keduanya akan membantu membuat Anda merasa lebih nyaman. Namun yang terpenting adalah kemampuannya dalam hal membasmi bakteri penyebab bau badan.

4. Scrub ketiak dengan lemon untuk menurunkan pH kulit

Buah lemon ternyata tidak hanya nikmat disantap, tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Tips menghilangkan bau badan dengan buah lemon cukup mudah dilakukan. Caranya, ambil satu buah lemon, lalu iris menjadi beberapa bagian. Kemudian, gosokkan lemon iris tersebut secara perlahan pada permukaan ketiak. Ulangi sekali lagi. Diamkan beberapa menit hingga ketiak kering. Lalu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Lakukan secara teratur sampai bau badan teratasi.

5. Tips menghilangkan bau badan dengan konsumsi sayuran hijau

Masih belum puas dengan keempat tips menghilangkan bau badan sebelumnya? Atau mungkin Anda mencari cara yang lebih praktis? Nah, tips yang satu ini bisa jadi cocok untuk Anda, yaitu dengan rajin mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, buncis, kangkung dan semacamnya dikenal kaya akan klorofil atau zat hijau daun. Zat ini memiliki efek yang sama seperti deodorant, yaitu membantu mengatasi bau badan. Dengan menambah konsumsi sayuran hijau di setiap menu harian Anda, diharapkan Anda bisa terhindar dari bau badan.

Kendati demikian, tetaplah waspada akan ancaman kuman saat mengonsumsi sayuran hijau. Pastikan untuk selalu cuci tangan pakai sabun sebelum memasak sayuran dan cuci sayuran sampai benar-benar bersih. Hal ini sangat penting dilakukan guna mencegah kuman masuk ke dalam tubuh melalui sayuran yang terkontaminasi. Jangan sampai timbul gangguan kesehatan lain hanya karena sayuran hijau yang Anda konsumsi kurang higienis.

Menghilangkan bau badan memang tidak selalu mudah. Namun, dengan cara yang tepat, bau badan bisa diatasi dengan efektif. Anda bisa mencoba mengaplikasikan salah satu dari keenam tips menghilangkan bau badan di atas. Untuk hasil yang lebih baik, imbangi keenam tips tersebut dengan gaya hidup sehat dan bersih, terutama dengan kebiasaan mandi secara teratur 2 kali sehari. Saat mandi, jangan lupa gunakan sabun anti bakteri seperti Lifebuoy Bodywash untuk perlindungan yang lebih baik terhadap kuman penyebab bau badan. Penggunaan Lifebuoy Bodywash dapat membantu Anda membersihkan bagian tubuh yang sulit dijangkau, seperti ketiak yang berisiko tinggi menjadi sarang kuman. Dengan rajin menjaga kebersihan diri dan mempraktikkan tips di atas, bau badan secara perlahan akan hilang dari tubuh Anda. Anda pun bisa kembali tampil penuh rasa percaya diri. Semoga membantu! 

Sumber: 

  • medicaldaily.com/natural-body-odor-remedies-4-ways-eliminate-body-odor-good-hygiene-300446
  • womansday.com/health-fitness/nutrition/a2630/7-foods-that-fight-odors-123915/
  • besthealthmag.ca/best-you/home-remedies/natural-home-remedies-body-odour/

Diakses tanggal 9 Juni 2016

Berbagi artikel ini

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP