Lebaran Tetap Hemat dengan 6 Tips Ini

Lebaran Tetap Hemat dengan 6 Tips Ini

Puasa dan Lebaran adalah momen tahunan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim. Karena datangnya hanya setahun sekali, tak sedikit orang yang cenderung lepas kendali dalam menyambutnya, terutama jelang Lebaran, dimana orang-orang rela menghabiskan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli baju dan kue kue-kue Lebaran. Apakah Anda juga pernah melakukannya? Nah, jika Anda ingin sedikit berhemat dalam menyambut Lebaran kali ini, coba lakukan 6 trik berikut.

Buat daftar prioritas barang belanjaan

Untuk menghindari berbelanja secara berlebihan, buatlah daftar prioritas barang yang Anda dan keluarga perlukan. Meski memakan waktu, cara ini bisa mencegah pembelian barang-barang yang tidak diperlukan. Selain itu, daftar belanjaan juga bisa memudahkan Anda saat berbelanja nantinya. Jangan sampai puasa Anda terganggu hanya karena Anda terlalu lama berada di pusat perbelanjaan ya.

Manfaatkan bazaar murah

Menjelang Lebaran, tempat-tempat perbelanjaan biasanya mengadakan bazaar murah. Nah, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk membeli berbagai kebutuhan Lebaran. Namun, jangan lupa untuk mengecek label kemasan dan tanggal kedaluwarsa barang atau makanan yang akan dibeli, ya. Dengan begitu, selain memperoleh barang dengan harga yang lebih terjangkau, Anda dan keluarga juga tetap terhindar dari penyebab penyakit  akibat salah pilih makanan.

Buat kue Lebaran sendiri

Merayakan Hari Raya Idul Fitri tentu tak lengkap rasanya tanpa sajian kue kue-kue khas Lebaran. Tradisi yang satu ini memang sulit dihindari. Namun, jika Anda tidak berhati-hati, bisa jadi pengeluaran Lebaran akan semakin membengkak. Agar lebih hemat, coba siasati dengan membuat kue sendiri di rumah. Selain lebih hemat, Anda juga bisa sekaligus menyalurkan hobi memasak. Namun, jangan lupa untuk cuci tangan pakai sabun sebelum mulai menakar bahan-bahan kue agar hidangan terbebas dari kuman dan keluarga Anda tetap sehat.

Daur ulang atau modifikasi pakaian lama

Lebaran biasanya identik dengan baju baru. Hal ini juga bisa jadi kendala bagi Anda untuk berhemat. Nah, agar pengeluaran keluarga tetap terkendali, coba siasati hal tersebut dengan mendaur ulang atau memodifikasi pakaian lama agar nampak seperti baru dan layak dikenakan saat Lebaran.

Simpan stok daging jauh hari sebelum lebaran

Siasati kenaikan harga bahan pokok, terutama daging, menjelang Lebaran dengan membelinya jauh-jauh hari. Upaya ini bisa jadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran Anda jelang Lebaran. Namun, pastikan untuk menjaga daging tetap bersih agar tidak jadi penyebab penyakit, ya. Bekukan daging di dalam freezer agar tak terkontaminasi kuman dan kesegarannya terjaga.

Jaga kesehatan diri dan keluarga

Menjelang Lebaran, pastikan kesehatan keluarga tetap terjaga dengan baik. Hal ini untuk mencegah pengeluaran ekstra yang harus dikeluarkan untuk berobat ke dokter. Menjaga kesehatan keluarga dapat dimulai dari hal yang sederhana seperti rajin cuci tangan pakai sabun  setiap sebelum makan, cukup tidur, dan rutin melakukan olahraga ringan. 

Lebaran memang memerlukan banyak persiapan dan sering kali menghabiskan dana yang cukup besar. Jika tidak disiasati dengan baik, tentu pengeluaran keluarga menjadi tak terkendali. Nah, jangan sampai hal ini terjadi, ya. Semoga keenam tips di atas dapat membantu menghemat pengeluaran Anda jelang Lebaran tahun ini.

Sumber: 

  • m.merdeka.com/ramadan/berita/ini-tips-berbelanja-hemat-menjelang-lebaran.html                                             
  • lampost.co/berita/kiat-cerdas-belanja-lebaran   

Diakses tanggal 28 April 2016

Berbagi artikel ini

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP