5 Tips Mudik Aman, Sehat dan Menyenangkan Bersama Keluarga

5 Tips Mudik Aman, Sehat dan Menyenangkan Bersama Keluarga

Kuman berevolusi siap mengancam kapan saja. Terutama saat mudik, dimana sebagian besar orang akan cenderung meninggalkan kebiasaan hidup bersih seperti cuci tangan pakai sabun  sebelum makan. Padahal, para pemudik akan lebih sering melakukan kontak dengan asap, debu, dan kuman selama di perjalanan. Jika kebersihan diri tidak dijaga dengan baik, kuman akan semakin mudah menyerang tubuh. Sakit di perjalanan mudik tentu bukan hal yang menyenangkan, bukan? Nah, agar mudik kali ini lebih aman, sehat dan menyenangkan, coba ajak keluarga untuk melakukan 5 hal baik berikut.

Buka dan Sahur Tepat waktu

Saat di perjalanan mudik, ada kalanya Anda dan keluarga tidak sempat membeli makanan untuk buka atau sahur. Jangan jadikan ini sebagai alasan untuk melewatkan buka atau sahur. Tubuh memerlukan asupan nutrisi dalam jumlah yang cukup setelah dan sebelum berpuasa. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, akibatnya bisa fatal. Apalagi, kondisi selama mudik tentu menguras lebih banyak tenaga dan pikiran Anda. Solusinya, manfaatkan waktu transit kendaraan untuk membeli makanan secukupnya. Atau, akan lebih baik jika Anda sudah menyiapkannya sebelum berangkat mudik. Dan, jangan lupa untuk cuci tangan pakai sabun dengan cara cuci tangan  yang benar setiap sebelum makan agar tangan tetap higienis dan kuman pun tak akan mengganggu kesehatan Anda sekeluarga.

Selalu Jaga Kebersihan Diri

Kendala yang biasanya dialami oleh orang yang sedang dalam perjalanan adalah terbatasnya akses ke toilet dan air bersih untuk sekadar cuci tangan. Meski menghadapi keterbatasan tersebut, Anda dan keluarga tetap harus menjaga kebersihan diri, terutama tangan, agar tubuh terhindar dari risiko infeksi kuman berbahaya penyebab penyakit. Untuk mengatasinya, bawalah selalu Lifebuoy Hand Sanitizer  selama perjalanan mudik. Hand sanitizer adalah pertolongan pertama saat Anda dan keluarga kesulitan menemukan toilet dan air bersih. Gunakan Lifebuoy Hand Sanitizer setiap sebelum makan dan usai menggunakan fasilitas umum. Dengan begitu, Anda bisa tetap terlindungi dari infeksi kuman berevolusi selama di perjalanan mudik.

Patuhi Rambu Lalu Lintas

Anda berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi? Selalu patuhi rambu lalu lintas selama perjalanan ya, agar perjalanan lancar dan keluarga pun selamat sampai tujuan. Rambu lalu lintas disediakan tentu demi keselamatan para pengguna jalan dan kelancaran lalu lintas mudik. Perlu diketahui, kecelakaan dan kemacetan panjang yang kerap terjadi saat mudik umumnya dipicu oleh tindak pelanggaran lalu lintas yang dilakukan para pemudik. Maka dari itu, jangan pernah tergoda untuk melanggar rambu lalu lintas agar bisa cepat sampai tujuan. Utamakanlah keselamatan Anda dan  keluarga.

Istirahat Jika Lelah dan Mengantuk

Menggunakan kendaraan pribadi saat mudik tentunya akan lebih melelahkan. Jika rasa lelah dan kantuk mulai menyerang, hindari memaksakan diri untuk tetap mengemudi. Ingat, keselamatan Anda dan keluarga harus menjadi hal yang utama. Carilah masjid untuk beristirahat sejenak sekaligus beribadah, atau manfaatkan pos perhentian yang banyak tersebar di berbagai titik jalur mudik.

Lindungi Diri dari Asap, Debu dan Kotoran

Selama perjalanan mudik, lindungi diri dari asap, debu dan kotoran dengan mengenakan masker pelindung. Menghindari kontak langsung dengan asap, debu dan kotoran dapat membantu menurunkan risiko infeksi kuman penyebab penyakit  yang terbawa udara di perjalanan. Manfaatkan waktu istirahat Anda di pos peristirahatan atau masjid untuk mandi dan cuci tangan pakai sabun dengan cara cuci tangan yang benar agar tubuh kembali bersih dan segar.

Mudik memang termasuk perjalanan yang sangat melelahkan. Tradisi jelang Lebaran ini juga bisa menjadi salah satu media kuman untuk menyebar dan menyerang kesehatan para pemudik. Namun, perjalanan mudik bisa menjadi menyenangkan dan aman dengan 5 tips di atas. Lelah di perjalanan pun akan sirna begitu Anda dan keluarga tiba di kampung halaman. Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan! 

Sumber:

  • pepc.pertamina.com/PDF-News/ENERGIA%2520EDISI%25204%2520FINAL.pdf&sa=U&ved=0ahUKEwjbpsDelPnLAhVjsIMKHZbODuUQFggaMAg&sig2=n7f49FSY-tV_luqxdGHLbA&usg=AFQjCNHNicc5cVLgKf_GbUEWUDr5bklifw
  • depkes.go.id/article/view/15070200001/kemenkes-siagakan-ribuan-pos-kesehatan-di-sepanjang-jalur-mudik-lebaran.html     

Diakses pada 26 April 2016

Berbagi artikel ini 

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP