3 Persiapan Agar Silaturahmi Saat Lebaran Tetap Nyaman

3 Persiapan Agar Silaturahmi Saat Lebaran Tetap Nyaman

Kegiatan silaturahmi saat Lebaran tentu sangat penting bagi umat Muslim. Selain menyiapkan hati yang bersih, Anda juga memerlukan beberapa persiapan lainnya agar aktivitas bersilaturahmi tetap nyaman. Hal ini terutama jika Anda berencana membawa serta anak-anak. Persiapan fisik dan mental anak juga diperlukan guna mencegah hal-hal yang bisa membuat acara silaturahmi menjadi kurang nyaman. Pertimbangkan untuk menyiapkan 3 hal berikut sebelum berangkat silaturahmi.

Kenakan pakaian yang nyaman

Mengenakan pakaian yang tepat saat bersilaturahmi bisa membantu Anda dan keluarga merasa lebih nyaman dan percaya diri. Jadi, pertimbangkanlah dengan baik pakaian yang hendak dikenakan. Pilihlah pakaian dengan bahan yang nyaman seperti katun yang lembut dan menyerap keringat. Ingat, pemilihan bahan pakaian yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebab alergi kulit  atau biang keringat pada anak. Kedua gangguan kesehatan kulit tersebut tentu dapat merusak acara silaturahmi Anda bersama keluarga.

Siapkan tas khusus

Saat silaturahmi, terutama jika jaraknya jauh, pertimbangkan kembali untuk membawa serta beberapa perlengkapan seperti tisu, permen penyegar mulut, makanan ringan, losion pelembap kulit, obat obatan, dan Lifebuoy Hand sanitizer. Siapkan tas khusus agar Anda tak kerepotan saat membawanya. Tisu berguna untuk menyeka keringat agar debu dan kotoran tak menempel pada kulit, terutama pada area wajah. Permen penyegar mulut dapat membantu napas Anda tetap segar setelah menyantap hidangan yang disajikan. Makanan ringan bisa jadi diperlukan agar si kecil tidak rewel saat perjalanan selama silaturahmi. Lotion dapat membantu kulit Anda tetap lembap selama silaturahmi sehingga penyebab alergi kulit dan kulit kering bisa dihindari. Sementara itu, hand sanitizer akan tangan Anda dan keluarga tetap bersih selama acara silaturahmi. 

Sedia payung atau jas hujan

Cuaca sering kali tidak bisa diprediksi. Saat berangkat silaturahmi mungkin cuaca cukup cerah. Namun, tetaplah waspada dengan menyiapkan payung atau jas hujan. Jika di tengah perjalanan tiba-tiba langit berubah mendung dan hujan mulai turun, Anda dan keluarga sudah siap dengan payung atau jas hujan. Sesampainya di rumah kerabat Anda nanti, mintalah waktu sebentar untuk cuci tangan pakai sabun mengingat saat hujan tangan lebih berisiko terkena kuman.

Silaturahmi merupakan salah satu tradisi Lebaran yang bisa memupuk tali persaudaraan. Namun, jika dilakukan tanpa persiapan, silaturahmi juga bisa jadi media penyebaran kuman penyebab penyakit. Apalagi, jika kebiasaan cuci tangan pakai sabun dilewatkan begitu saja setelah bersalaman. Nah, jangan biarkan tradisi yang satu ini malah menjadi media penyebaran kuman. Lakukan setidaknya 3 persiapan di atas agar silaturahmi bersama keluarga dapat berjalan lancar, nyaman, dan sehat. Selamat bersilaturahmi! 

Sumber:

  • koranjitu.com/lifestyle.detail/10197/Lima.Persiapan.Penting.Sebelum.Silaturahmi.html&page=1          
  • tabloidnova.com/Plesir/Tips-Plesiran/15-Hal-Penting-Persiapan-Mudik-Bareng-Si-Kecil-Saat-Lebaran   

Diakses pada 5 Mei 2016

Berbagi artikel ini 

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP