Awas, si Kecil Jajan Sembarangan di Sekolah!

Pedagang kaki lima yang berbaris di sepanjang area sekolah bukanlah pemandangan baru. Berbagai macam kudapan termasuk gorengan dan minuman berjajar disajikan oleh para pedagang. Hal ini yang pada akhirnya dapat membuat anak Anda tergoda untuk membeli aneka kudapan yang menarik baginya.

Padahal, dengan jajan sembarangan, risiko memiliki masalah kesehatan pun meningkat, terutama kesehatan saluran pencernaan dan pernafasan. Anak dapat dengan mudah tertular kuman penyebab penyakit diare atau mengalami gejala radang tenggorokan  karenanya. Hal tentu saja karena jajanan yang disajikan pedagang kaki lima belum terjamin kebersihannya. Terlebih berbagai kudapan tersebut disajikan di pinggir jalan, dimana debu dapat dengan mudah mengotori makanan serta minuman yang dijajakan. Selain itu, makanan dan minuman tersebut juga belum terjamin kualitasnya. Beberapa makanan bahkan bisa saja mengandung bahan yang tidak baik bagi tubuh.  

Mencegah anak jajan sembarangan di sekolah memang bukanlah hal yang mudah. Umumnya, anak sangat mudah tertarik dengan makanan atau minuman dengan warna yang cerah. Apalagi, anak belum bisa mengendalikan diri dalam memilih makanan serta minuman yang baik untuk tubuhnya. 

Mencegah masuknya kuman termasuk kuman penyebab penyakit diare serta penyebab radang tenggorokan dapat Anda lakukan dengan beberapa cara berikut:

  • Beri anak pemahaman mengapa ia sebaiknya tidak jajan sembarang. Hal tersebut perlu Anda lakukan sejak dini dan jika perlu sebelum anak memasuki usia sekolah.
  • Selalu siapkan bekal menarik yang disukai anak, sehingga ia tidak memiliki keinginan untuk membeli makanan lain.
  • Ajari anak untuk menabung sedini mungkin dan beri ia uang jajan secukupnya.

Selain itu, pastikan juga anak Anda selalu menjaga kebersihan tangannya sebelum makan. Ingat, tangan kotor adalah sarana masuknya kuman penyebab penyakit diare serta radang tenggorokan. Ajari anak Anda untuk cuci tangan pakai sabun dengan langkah yang benar. Bila perlu, bawakan hand sanitizer sebagai bekal tambahan untuknya. Hand sanitizer adalah solusi untuk tetap menjaga kebersihan tangan saat air dan sabun sulit dijangkau. Jangan lupa juga untuk mengajari anak cara menggunakannya dengan benar.

Dengan memastikan kualitas dan kebersihan makanan anak, serta mengajarinya tentang menjaga kebersihan tangan di sekolah, risiko si kecil terkena masalah kesehatan pun dapat berkurang. Ia pun dapat belajar dengan sehat dan ceria bersama teman-temannya. 

Sumber:

  • http://kidshealth.org/PageManager.jsp?dn=familydoctor&lic=44&article_set=21964
  • http://kidshealth.org/parent/infections/lung/strep_throat.html

Diakses pada tanggal 30 Juli 2015


Berbagi artikel ini

TOP