Mengapa Flu Babi Perlu Diwaspadai?

Apakah Anda pernah terkena influenza? Jika iya, gangguan kesehatan ini mungkin terasa ringan Anda alami. Namun, penyakit ini bisa menjadi penyakit kronik bila virus influenza H1N1 tipe A yang menyebabkannya. Virus influenza H1NI sering disebut sebagai flu babi atau swine flu. Virus flu babi mudah sekali menular. Walaupun virus tersebut berasal dari babi, bukan berarti cara penularannya langsung dari hewan tersebut melainkan dari satu orang ke orang lainnya. Contoh penularannya ialah bila Anda berinteraksi langsung dengan penyandangnya. Misalnya saat sang penyandang bersin, maka virus tersebut bisa langsung bercampur dengan udara di sekitarnya. Bila Anda menghirupnya, risiko terinfeksi penyakit ini sangatlah tinggi. Virus flu babi dapat bertahan selama kurang lebih 2 jam di luar tubuh. Di samping itu, penularan bisa dikarenakan lingkungan yang tidak higienis. Benda-benda yang terinfeksi virus tersebut bisa dengan mudahnya menempel pada tangan dan masuk ke tubuh Anda. Hal ini bisa terjadi bila seorang penyandang flu babi tak sengaja menyentuh bibir atau hidungnya, kemudian menyentuh benda lain di sekitarnya. Maka, benda itulah yang akan menularkan virus yang telah merenggut beberapa nyawa penyandangnya.

Gejala penyakit flu babi mirip dengan penyakit flu pada umumnya, namun terjadi dalam jangka waktu yang lebih singkat. Sakit kepala, batuk-batuk, demam, hidung meler, badan terasa nyeri, dan sakit tenggorokan adalah beberapa gejalanya. Bila gejala yang muncul seperti sulit bernafas hingga kulit sekitar mulut berwarna kebiruan, maka ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Namun, terkadang penyakit ini tidak selalu memberikan gejala pada penderitanya. Orang yang terkena infeksi virus tersebut namun tidak memiliki gejala flu babi tetap berisiko menularkan virus ke orang-orang sekitarnya.  

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya masalah kesehatan ini bisa ditularkan melalui benda-benda yang terinfeksi virus tersebut. Maka dengan kata lain kebersihan lingkungan sekitar pun perlu diperhatikan. Nah, bersama Lifebuoy Anda tak hanya memperhatikan tingkat kebersihan dalam lingkungan keluarga saja, tapi juga anak-anak yang kurang beruntung di NTT. Wilayah Indonesia yang satu ini memiliki fasilitas kebersihan yang sangat minim. Anda dapat ikut serta dengan menonton video “Help a child reach 5 in NTT” di Youtube. Kemudian, bagikan video tersebut salah satunya ke beberapa jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Setiap video yang Anda bagikan, maka uang sebesar Rp.100,- didonasikan untuk program luar biasa ini.  

Sumber:

  • http://www.betterhealth.vic.gov.au/bhcv2/bhcarticles.nsf/pages/Swine_flu
  • http://www.webmd.com/cold-and-flu/features/swine-flu-faq-1

Diakses pada 28 October 2013


Berbagi artikel ini

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Influensa

Influensa

Keeping your family safe from diarrhoea.

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP