Sakit saat Puasa 2 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Sakit saat Puasa? 2 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Menjelang bulan puasa, biasanya masyarakat Indonesia ramai melakukan tradisi persiapan yang berbeda-beda di tiap daerahnya. Nah, apakah keluarga Anda juga masih melakukan tradisi khas daerah tersebut? Sebenarnya, tidak ada salahnya dengan tradisi yang telah dijalankan secara turun temurun ini. Hanya saja, ada hal lain yang justru terlewatkan untuk disiapkan. Persiapan yang dimaksud adalah mengenai pemahaman akan penyebab penyakit yang biasanya menyerang saat puasa. Dengan mengetahui penyebabnya, pencegahan tentu akan lebih mudah dilakukan. Lantas, apa yang bisa menjadi pemicu penyakit saat puasa? Berikut adalah dua di antaranya.

Lupa Cuci Tangan dan Cara Cuci Tangan yang Benar

Disadari atau tidak, banyak orang yang justru jatuh sakit saat puasa. Padahal, ada banyak penelitian yang hasilnya mengungkap manfaat puasa bagi tubuh. Lantas, mengapa masih banyak orang yang sakit saat puasa? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena kebiasaan hidup yang kurang bersih, seperti tidak cuci tangan pakai sabun sebelum berbuka. Hal ini wajar terjadi selama puasa mengingat saat tiba waktu berbuka, orang biasanya tidak sabar untuk segera menyantap hidangan yang ada sehingga mereka lupa cuci tangan.

Tapi, rajin cuci tangan pakai sabun saja belum cukup untuk mencegah penyakit saat puasa. Anda dan keluarga juga perlu mengikuti cara cuci tangan yang benar agar hasil perlindungannya terhadap penyakit jadi lebih optimal. Untuk itu, pastikan agar kebiasaan baik yang satu ini selalu dilakukan dengan langkah cuci tangan yang benar, ya.

Makan Berlebihan dengan Gizi yang Kurang 

Selain karena lupa cuci tangan atau cara cuci tangan yang tidak mengikuti anjuran, makan berlebih juga bisa menjadi pemicu gangguan kesehatan saat puasa. Penyebab penyakit yang satu ini sebenarnya bisa dicegah dengan baik guna meningkatkan kenyamanan dalam menjalankan ibadah puasa. Caranya dengan mengatur porsi makan masing-masing anggota keluarga sehingga mereka tidak makan berlebih. Membatasi acara makan di luar rumah saat berbuka juga bisa membantu menjaga porsi asupan makanan yang seimbang mengingat biasanya orang jadi kehilangan kendali saat makan di luar. Seimbangkan juga kandungan nutrisinya agar tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Menjaga kesehatan keluarga memang bukan perkara mudah. Terutama di bulan puasa, dimana tubuh lebih cepat merasa letih daripada hari-hari biasa. Namun, dengan kemauan yang kuat dari masing-masing anggota keluarga, usaha Anda tentu akan lebih mudah. Cobalah untuk mulai meninggalkan dua kebiasaan buruk di atas agar di bulan puasa tahun ini tubuh jadi lebih sehat dan ibadah pun berjalan dengan lancar.

Sumber:

Diakses pada tanggal 8 April 2016


Berbagi artikel ini
TOP