Biasakan Anak untuk Cuci Tangan Pakai Sabun

Biasakan Anak untuk Cuci Tangan Pakai Sabun

Jangan meremehkan manfaat cuci tangan pakai sabun! Sebaiknya Anda membiasakan anak cuci tangan pakai sabun agar terhindar dari berbagai macam kuman penyakit. Bermain-main di lapangan luas yang penuh tanah dan debu, bermain dengan binatang peliharaan, merangkak dan bermain di lantai ataupun karpet adalah beberapa kegiatan yang sering dilakukan anak. Apakah anak Anda juga? Anda tidak perlu melarang anak-anak untuk menjauhi segala benda ketika mereka bermain. Biarkan mereka bergerak secara aktif dan berkreasi dengan kreatifitas mereka. Namun, pastikan bahwa Anda membiasakannya untuk cuci tangan pakai sabun.

Pertama, Anda harus tahu dari mana kuman berasal. Kuman dapat menyebar melalui sentuhan dengan tangan yang kotor, makanan dan air yang terkontaminasi, batuk dan bersin, permukaan kotor, dan kontak dengan cairan yang berasal dari orang yang sedang sakit. Karena anak lebih rentan, biasanya merekalah yang terinfeksi oleh kuman penyakit terlebih dulu. Oleh karena itu, salah satu cara pencegahan paling awal yang dapat dilakukan adalah dengan cuci tangan pakai sabun. 

Kapankah saat yang tepat untuk mencuci tangan? 

  1. Ketika tangan kotor, 
  2. sebelum menyentuh makanan,
  3. setelah menggunakan kamar mandi, 
  4. setelah membuang ingus, bersin, dan batuk, 
  5. setelah bermain ataupun menyentuh barang-barang rumah, 
  6. setelah menyentuh binatang, termasuk binatang peliharaan, 
  7. sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit, 
  8. setelah bermain di luar rumah, dan 
  9. saat mandi. 

Setelah mengetahui saat-saat penting untuk cuci tangan pakai sabun, Anda pun perlu mengajarkan atau melakukannya bersama anak dengan cara yang benar berikut ini. 

Cucilah tangan di dalam air hangat. Pastikan air tidak terlalu panas ataupun dingin bagi anak Anda.

Gunakan sabun untuk mencuci tangan. Sabun anti bakteri dapat bekerja dengan sangat baik. 

Bersihkan tangan dengan menggunakan sabun pada kedua sisi, pergelangan tangan, dan sela-sela jari. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela kuku juga, tempat di mana kuman senang bersembunyi. 

Cuci Bilas dan keringkan dengan handuk bersih. 

Jangan remehkan manfaat cuci tangan pakai sabun. Dengan menyisihkan beberapa detik untuk mencuci tangan, Anda dan keluarga dapat terhindar dari kunjungan dokter. Untuk membuat anak Anda lebih semangat, gunakanlah sabun yang mereka suka dan bernyanyilah bersama saat mencuci tangan. Kegiatan cuci tangan pakai sabun pun menjadi lebih menyenangkan. 

Sumber:

Diakses tanggal 23 April 2014

Berbagi artikel ini

Iritasi KUlit

Hand, Foot & Mouth

Busting the mythus around hand, foot & mouth disease.

Bau Badan

Flu

When the flu bugs strikes...

Infections

Did you know

Infectious diseases can be transmitted through contact with people or surfaces.

TOP