Bebaskan Kulit dari Infeksi

Bebaskan Kulit dari Infeksi

Infeksi kulit pada anak dapat bersumber dari ibunya. Cuci tangan pakai sabun sebelum menangani sang anak dapat melindungi kesehatan ibu dan anaknya.

Memiliki kulit sehat tentu adalah dambaan setiap orang. Namun, kulit sangat rentan terhadap berbagai masalah. Masalah yang dihadapi kulit di antaranya adalah gigitan binatang, alergi, hingga infeksi yang umumnya diakibatkan oleh bakteri, virus dan jamur.

Maka dari itu, Anda wajib memberikan perlindungan dan perhatian ekstra pada kulit, terutama pada kulit si kecil yang masih sensitif. Seperti yang telah Anda ketahui, kulit dan daya tahan tubuh si kecil masih dalam pertumbuhan, sehingga belum sempurna. Tak heran, jika hal sederhana seperti sentuhan Anda pun bahkan dapat membuat kulit si kecil terkena infeksi kuman.

Saat memberikan perhatian mengenai perlindungan kesehatan anak, orang tua umumnya terlalu fokus terhadap hal-hal di sekitarnya, seperti melarang anak bermain di luar. Padahal, perlu diketahui bahwa orang tua pun dapat menularkan kuman kepada anaknya. Sebagai contoh, saat pulang bekerja dan disambut oleh si kecil, mungkin tanpa sadar Anda kerap langsung memeluk, menggendong, bahkan menciumnya. Padahal, kebiasaan tersebut dapat memindahkan bakteri yang mungkin menempel di kulit Anda kepada si kecil. Jika Anda berada di luar rumah selama seharian, risiko tubuh dan kulit Anda terkontaminasi debu, udara kotor, dan kuman sangatlah tinggi. Sehingga, Anda harus menahan diri untuk memeluk si kecil dan membersihkan diri terlebih dahulu, setidaknya dengan cuci tangan pakai sabun anti bakteri. Cuci tangan pakai sabun adalah cara efektif menghalau penyebaran kuman penyebab penyakit.

Perlu diingat bahwa untuk menjaga kesehatan anak, orang yang merawatnya harus menjaga kesehatannya terlebih dahulu, salah satunya dengan menjaga kebersihan diri. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan guna menjaga kebersihan dan mencegah penularan kuman dari tubuh dan kulit Anda pada si kecil.

  1. Cuci tangan pakai sabun. Cuci tangan pakai sabun tidak hanya mencegah penularan kuman penyebab infeksi kulit, namun juga semua jenis infeksi. 
  2. Mandi menggunakan sabun anti bakteri minimal 2x sehari. 
  3. Jika Anda memiliki infeksi, hindari kontak dengan si kecil. Bila terpaksa harus melakukannya, gunakan pelindung yang dapat meminimalkan terjadinya penularan seperti sarung tangan.
  4.  Segera obati infeksi yang Anda derita sebelum infeksi tersebut menular pada si kecil.  

Kesehatan ibu dan anak adalah hal yang sama-sama penting. Jika Anda sehat, perlindungan kesehatan yang Anda berikan pada si kecil pun akan lebih maksimal. 

Diakses tanggal 25 April 2015

Berbagi artikel ini

TOP